Ribuan Ikan di Jombang Mati

Rabu, 02 September 2015 - 19:26 WIB
Ribuan Ikan di Jombang Mati
Ribuan Ikan di Jombang Mati
A A A
JOMBANG - Musim kemarau dan suhu yang terlalu tinggi menyebabkan ribuan ikan milik para peternak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mati. Peternak rugi hingga ratusan juta rupiah.

Peternak ikan di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jatim, terpaksa membiarkan bangkai ikan mengapung di kolam karena lelah meski sudah dibersihkan setiap hari namun kematian terus saja terjadi.

Anehnya, kematian hanya terjadi pada peternakan jenis patin saja, sementara peternakan jenis ikan yang lain seperti nila, gurami, dan bawal, selamat.

Para peternak menduga ikan mereka mati karena terserang penyakit cacar yang biasa menyerang ikan patin. Wabah ini biasa datang dan menyerang ikan mereka setiap musim kemarau terutama jika suhu terlalu ekstrem.

Heri Hidayat, salah seorang peternak bahkan mengungkapkan jumlah ikannya yang mati mencapai lebih dari satu kuintal per hari.

Akibatnya, dari jumlah bibit 40 ribu ekor yang telah ia tebar delapan bulan lalu, saat ini jumlah ikan yang masih hidup hanya tersisa kurang dari separuhnya.

Padahal, untuk pengadaan bibit dan membesarkannya selama delapan bulan ini Heri sudah mengeluarkan biaya hingga lebih dari Rp100 juta.

Untuk mengatasi wabah ini, Heri mengaku sudah melakukan berbagai macam upaya, di antaranya dengan memberi vitamin dan obat-obatan.

Namun, upaya tersebut tak pernah membuahkan hasil dan kematian terus saja terjadi.

Menurut Heri, berat rata-rata ikannya yang mati ini sudah mencapai sekitar satu kilogram per ekor dan rencananya akan segera dipanen bulan depan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3434 seconds (0.1#10.140)