Bupati Hamim Boyong Eksportir Tuna ke Manado, Raih Peluang Penerbangan Kargo Manado-Narita

Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:26 WIB
loading...
Bupati Hamim Boyong Eksportir Tuna ke Manado, Raih Peluang Penerbangan Kargo Manado-Narita
Foto bersama usai rapat tindak lanjut eksport tuna ke Jepang yang dipimpin Asisten II Provinsi Sulawesi Utara, Praseno Hadi, di Ruang Rapat J.E Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Rabu (1/3/2023).
A A A
BONE BOLANGO - Dibukanya penerbangan kargo Manado - Narita Jepang yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama PT Garuda Indonesia dilirik Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Melalui rapat tindak lanjut eksport tuna ke Jepang yang dipimpin Asisten II Provinsi Sulawesi Utara, Praseno Hadi, di Ruang Rapat J.E Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut Rabu, (1/3/2023), Bupati Hamim menyampaikan keinginannya memaksimalkan peluang ini dengan menghadirkan para eksportir tuna di Bone Bolango duduk bersama pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Kantor Wilayah Beacukai hingga Manajer PT Garuda Indonesia.

“Rapat sangat penting untuk kita semua. Kami membaca di media sosial bagaiamana pemerntah provinsi menggagas penerbangan langsung Manado - Narita dengan Garuda Indonesia. Kami ingin memanfaatkan penerbangan langsung ini dengan melakukan pengiriman Tuna setiap pekan ke Jepang,"ungkap Bupati Hamim.

Hamim mengatakan kegiatan ini akan memberikan nilai tambah bagi Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo. Alasannya, cara lama mengekspor tuna lewat laut dirasa Bupati Hamim tidak efektiv, memakan waktu hingga biaya.

"Selama ini membawa tuna lewat kapal laut. Sekarang lewat penerbangan yang digagas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Banyak hal yang dipotong tentang pembiayaan hingga terjaganya kualtias produk," kata Bupati Hamim

Ia menjelaskan jika dihitung membawa lewat darat 10 jam sudah di Manado dan tidak sampai 24 jam sudah bisa sampai ke Bandara Narita Jepang. Potensi tuna di Kabupaten Bone Bolango maupun Provinsi Gorontalo cukup besar yang mampu menyediakan tuna sebanyak lima ton dalam sepekan.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.8974 seconds (0.1#10.140)