TP2DD Bone Bolango Terbaik I se-Sulawesi, Pemerintah Kucurkan DID Rp12 Miliar

Senin, 09 Oktober 2023 - 15:05 WIB
loading...
TP2DD Bone Bolango Terbaik I se-Sulawesi, Pemerintah Kucurkan DID Rp12 Miliar
Bupati Hamim Pou menyerahkan trofi TP2DD terbaik I se Sulawesi tahun 2023 kepada Asisten III Marni Nisabu pada apel kerja, di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (9/10/2023). (Foto: dok Pemkab Bone Bolango)
A A A
SUMAWA - Pemerintah Daerah Bone Bolango kembali toreskan prestasi,usai meraih digitalisasi transaksi pemerintah daerah atau Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Terbaik I se-Sulawesi tahun 2023,Bone Bolango mendapat kucuran Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp12 Miliar.

Kabar baik ini disampaikan oleh Bupati Hamim Pou saat memimpin apel kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Halaman Kantor Bupati, pada Senin (9/10/2023).

Bupati Hamim mengatakan, sebagai pelayan Bone Bolango, jelang akhir tahun dan masa jabatannya beberapa kabar baik yang menggembirakan terus berdatangan. Ia menuturkan daerah itu mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) maupun insentif fiskal yang jumlahnya sebesar Rp12 miliar.

"Sebenarnya saya mau bagikan untuk ASN, tapi ternyata lihat Juknisnya tidak bisa. Ini digunakan untuk penurunan kemiskinan, penurunan stunting, pengendalian inflasi, dan kemudahan investasi. Padahal saya sudah pikir waktu dilaporkan, rencananya akan digunakan juga untuk pengadaan mobil dinas beberapa OPD, tapi ternyata tidak boleh," kata Hamim.

Bupati Bone Bolango dua periode itu mengungkapkan, pihaknya sudah merapatkan dan membahas perihal pemanfaatan DID Rp12 miliar tersebut. Ia membeberkan, seperti pada Dinas Sosial P3APPKB akan menyiapkan lebih kurang empat ribu paket Sembako, Dinas PTSP akan mengaktifkan Mal Pelayanan Publik yang ada di Bone Pesisir dengan full fasilitasnya.

Kemudian juga untuk kelanjutan pengembangan Islamic Centre yang akan didukung dengan pembangunan PAUD/TK, wahana permainan anak-anak, wisma, dan ruang pertemuan.

Selanjutnya Dinas Kominfo akan membeli 30 sampai 40 laptop yang akan digunakan di Bone Bolango Business Center dan sebagian akan digunakan oleh OPD. Selanjutnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan menyiapkan bibit jagung untuk memenuhi permintaan masyarakat petani.

"Ini patut kita syukuri karena daerah lain tidak dapat. Saya titip ini dipacu dan segera dikerjakan karena uangnya sudah ada. Saya harapkan ini jadi kado pembangunan dan pelayanan terbaik terakhir saya untuk masyarakat Bone Bolango. Saya Insya Allah 3 November nanti akan berhenti atau selesai. Jadi tinggal 2-3 pekan kedepan kita sering berjumpa seperti ini," ucapnya.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)