Gandeng Nyalanesia, Pemkot dan Dinas Pendidikan Kota Bogor Selenggarakan Festival Literasi

Minggu, 19 Februari 2023 - 23:19 WIB
loading...
Gandeng Nyalanesia,...
Pemerintah Kota Bogor dan Dinas Pendidikan Kota Bogor berkolaborasi dengan Nyalanesia untuk menyelenggarakan Festival Literasi Kota Bogor tahun 2023. (Ist)
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota Bogor dan Dinas Pendidikan Kota Bogor berkolaborasi dengan Nyalanesia untuk menyelenggarakan Festival Literasi Kota Bogor tahun 2023.

Festival Literasi Kota Bogor adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat untuk mendapatkan fasilitas penerbitan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi.

Kemudian mereka juga mendapat pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat Kota Bogor dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah.

Penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dan Nyalanesia diselenggarakan dalam kegiatan Diskusi Pengembangan Literasi di Kota Bogor pada Kamis (12/1/2023) di Gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengemukakan bahwa karakter bagi seseorang, terutama generasi muda sangatlah penting. Menurutnya, tidak mungkin orang dapat berkarakter apabila tidak membaca dan tidak mau membaca. Orang hebat serta pemimpin besar yang memiliki kesenangan tersendiri pada membaca, pasti berilmu, berpengetahuan dan beradab.

Pada diskusi ini, Bima Arya menegaskan bahwa dirinya akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangun anak-anak muda yang berkarakter melalui kegiatan literasi di Kota Bogor bersama dinas-dinas terkait.

Terlebih saat ini, banyak anak muda yang mulai meninggalkan kegiatan membaca di perpustakaan dan memilih untuk terfokus pada gawainya. Itulah yang mendorong Bima Arya untuk berusaha semaksimal mungkin meningkatkan literasi dan membangun anak muda berkarakter.

“Kita tidak berbicara orang-orang pintar, kita berbicara orang yang berkarakter dan beradab. Orang bisa jadi pintar, anak-anak bisa jadi pintar. Tapi, berkarakter dan beradab itu adalah hal yang lain. Saya termasuk orang yang yakin bahwa membaca bukan hanya bisa membuat orang pintar dan berwawasan, tapi juga berkarakter dan beradab,” jelas Bima Arya

Maka, untuk dapat meningkatkan literasi dan membangun karakter anak muda di Kota Bogor, Pemkot Bogor menggandeng Nyalanesia untuk berkolaborasi membangun literasi dengan membaca sebagai bekal untuk membuat generasi muda yang bukan hanya pintar namun juga beradab dan berkarakter.

Di tempat yang sama, W. Leonardo Fitres, selaku CEO Nyalanesia, sangat mengapresiasi gerakan literasi di Kota Bogor yang luar biasa dan telah menghasilkan banyak prestasi. Leonardo juga mengatakan pihak Nyalanesia ingin menjadi pelengkap upaya Pemkot Bogor untuk meningkatkan literasi yang tengah dibangunnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)