Medan Sulit, Brimob Polda Jambi Lakukan Repling untuk Evakuasi Korban Helikopter

Senin, 20 Februari 2023 - 03:11 WIB
loading...
Medan Sulit, Brimob Polda Jambi Lakukan Repling untuk Evakuasi Korban Helikopter
Personel Satuan Brimob Polda Jambi, disiapkan untuk melakukan evakuasi dan pencarian korban helikopter Polda Jambi, yang mendarat darurat di hutan Kabupaten Kerinci, Jambi. Foto/MPI/Azhari Sultan Jambi
A A A
JAMBI - Personel Satuan Brimob Polda Jambi, dikerahkan untuk mengevakuasi para korban helikopter yang mendarat darurat di hutan di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi. Mereka akan melakukan teknik repling dari helikopter, untuk mengevakuasi para korban.



Teknik repling dengan menggunakan tali dari helikopter, menjadi pilihan untuk mengevakuasi para korban helikopter yang mendarat darurat, karena kondisi medan sangat berat.



"Melihat kondisi medan yang sulit, dan sudah berkoordinasi dengan Polda Jambi, Basarnas, serta BPBD, akhirnya diputuskan untuk mengirim personel repling dari helikopter," ujar juru bicara PT WKS, Taufik.



Taufik menerangkan, upaya evakuasi korban helikopter yang mendarat darurat menggunakan teknik repling, yakni menuruni tali dari helikpoter, sangat bergantung pada kondisi cuaca. "Bergantung bagus atau tidak kondisi cuaca," tuturnya.

Dia menambahkan, PT WKS telah menurunkan dua helikopter untuk melakukan evakuasi pendaratan darurat yang membawa Kapolda Jambi, dan rombongan. "Satu helikopter untuk mengangkut tim medis yang mendarat di lapangan Kodim Merangin, dan satu helikopter lagi untuk personel repling," imbuhnya.



Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis telah mengerahkan 11 personel untuk mengevakuasi korban. "Saat ini dari Basarnas Jambi, telah menerjunkan 11 personel menuju lokasi kejadian," ungkapnya.

Untuk rinciannya, kata dia, delapan personel Rescue Pos SAR Kerinci, berangkat melalui jalur darat menggunakan truck dan motor trail. Tim ini, diperkirakan akan sampai ke titik lokasi dalam waktu dua hari. "Mereka dilengkapi peralatan ekstrikasi, Vertical Rescue, peralatan medis, dan peralatan komunikasi," terangnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4189 seconds (0.1#10.140)