UNS Tegaskan 25 Mahasiswa PPDS Positif COVID-19 Belum Diwisuda

Rabu, 15 Juli 2020 - 02:34 WIB
loading...
UNS Tegaskan 25 Mahasiswa PPDS Positif COVID-19 Belum Diwisuda
Sebanyak 25 PPDS UNS Solo, yang positif COVID-19 belum diwisuda. Foto/Ilustrasi
A A A
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menegaskan, 25 mahasiswa yang menempuh program pendidikan dokter spesialis (PPDS) yang positif COVID-19 belum diwisuda.

(Baca juga: Puluhan Dokter PPDS UNS Positif COVID-19, 15 Dari Solo )

Respons ini disampaikan UNS, menyusul pernyataan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menyebut dugaan sementara penularan COVID-19 dari aktivitas seorang mahasiswa yang melakukan pesta perayaan wisuda.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS Solo, Reviono mengemukakan, 25 mahasiswanya yang menempuh program pendidikan dokter spesialis (PPDS) belum menjalani wisuda. "Mereka belum ada yang diwisuda," ungkap Reviono, Selasa (14/7/2020).

(Baca juga: Pemkot Surabaya Minta Panitia Idul Adha Patuhi Protokol Kesehatan )

Diharapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo, segera melakukan penelusuran terhadap data orang orang yang berhubungan dengan para mahasiswa tersebut.

Data-data sudah diberikan kepada Dinkes Kota Solo, terkait penelusuran yang meliputi pemeriksaan hingga wawancara mendalam. Sementara, para mahasiswa PPDS paru UNS yang terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari semester 2 hingga 8.

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho mengatakan, wisuda yang berlangsung baru-baru ini dilaksanakan secara daring dan luring. Sebanyak 15 orang diwisuda secara luring dengan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 yang sangat ketat.

(Baca juga: Tolak TKA China, Massa Demonstran Sandera Mobil Dinas )

Mengingat PPDS di bawah Fakultas Dokteran UNS, pihaknya telah meminta agar dilaksanakan antisipasi guna mencegah penularan. Dia juga menegaskan bahwa antara RSUD Dr Moewardi dengan UNS ibarat dua keping mata uang. Sehingga, perawatan 25 PPDS yang kemudian dirawat di Rumah Sakit UNS sudah melalui koordinasi antara kedua belah pihak. Mereka dirawat di lantai 5 dan lantai 7 RS UNS.

Sebagaimana diketahui, 25 dokter yang menempuh PPDS paru UNS Solo dinyatakan positif COVID-19. Mereka sebelumnya menjalani swab secara polymerase chain reaction (PCR) setelah salah satu dokter PPDS UNS dinyatakan positif COVID-19. PPDS tersebut turut memberikan pelayanan kesehatan ke pasien COVID-19 di RSUD Dr Moewardi Solo.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)