Kisah Pelukis Basoeki Abdullah Berani Memarahi Keluarga Cendana Gara-gara Lukisan

Jum'at, 27 Januari 2023 - 16:05 WIB
loading...
Kisah Pelukis Basoeki Abdullah Berani Memarahi Keluarga Cendana Gara-gara Lukisan
Bu Tien dan pelukis legendaris Basoeki Abdullah dalam suatu kesempatan. Foto/Repro/Ist
A A A
PELUKIS legendaris Basoeki Abdullah pernah gusar dengan Pak Harto dan Bu Tien sampai-sampai melontarkan kekesalannya dengan menyebut keluarga Cendana vandalistik. Pemicunya berupa sebuah lukisan merpati yang menjadi elemen dekorasi utama kediaman Presiden Soeharto di jalan Cendana, Menteng Jakarta Pusat.

Lukisan sekawanan burung merpati yang dibubuhi tanda tangan itu merupakan karya Basoeki Abdullah.



Polemik soal lukisan yang membuat Basoeki Abdullah kesal itu terjadi begitu saja. Ceritanya, berawal dari hari ulang tahun perkawinan Presiden Soeharto dan Ibu Tien (Siti Hartinah) ke-40, yakni 26 Desember 1987.

Ibu Tien diketahui salah seorang pengagum karya Basoeki Abdullah. Dalam sebuah acara pameran, Ibu Tien pernah mengungkapkan rasa takjubnya pada lukisan sekawanan angsa karya Basoeki.

Melihat sekawanan angsa, timbul inspirasi pada Ibu Tien sebuah lukisan yang menggambarkan keluarga.

“Indah apabila keluarga kita digambarkan sebagai angsa-angsa. Hewan lembut dan tenang ini menurut kepercayaan berbagai bangsa adalah simbol kebahagiaan,” kata Bu Tien seperti dikutip dari buku Basoeki Abdullah Sang Hanoman Keloyongan, Jumat (27/1/2023).



Singkat cerita, jelang hari ulang tahun perkawinan ke-40, anak-anak Pak Harto dan Bu Tien ingin memberi sebuah kejutan. Dimotori Mbak Tutut (Siti Hardiyanti) dan Titiek (Siti Hediati), mereka merencanakan kado spesial.

Maka diam-diam dipesanlah sebuah lukisan hadiah ulang tahun kepada pelukis Basoeki Abdullah. Basoeki yang masih ingat kata-kata Bu Tien sewaktu di pameran, lantas melukis sekawanan angsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)