Srikandi Ganjar Kalteng Latih Milenial Membuat Oleh-oleh Khas Barsel

Kamis, 26 Januari 2023 - 18:35 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Kalteng Latih Milenial Membuat Oleh-oleh Khas Barsel
Relawan Srikandi Ganjar Kalteng menggelar pelatihan dan kegiatan yang inovatif, Kamis (26/1/2023). Mereka mengajak milenial belajar membuat oleh-oleh khas Barito Selatan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BARITO SELATAN - Relawan Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan dan kegiatan yang inovatif. Mereka mengajak milenial setempat untuk belajar membuat oleh-oleh khas daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Dalam kegiatan itu mereka juga melibatkan UMKM Barsel Mama Via yang memang terkenal di daerah tersebut. "Kami mengadakan agenda belajar dan mengenal oleh-oleh khas Barsel," kata Korwil Srikandi Ganjar Kalteng Refa Asmianur dalam siaran persnya, Kamis (26/1/2023).

Menurut dia, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan mereka dalam pengembangan UMKM di Kalteng, khususnya di Kabupaten Barito Selatan. "UMKM Mama Via ini lumayan terkenal di Barsel dan seluruh Kalteng," ujarnya.

Adapun dagangan yang dijual UMKM Mama Via berupa makanan ringan khas Kalteng. Namun, kebanyakan bahan makanan tersebut berasal dari Barsel dan asli dari wilayah itu.

"Banyak orang yang berkunjung ke Barsel pasti membeli oleh-oleh tersebut untuk dibawa pulang. Makanan yang dijual ada beberapa macam yaitu keripik kulit ikan mintahukan, bilis crispy, dan akar pinang," lanjutnya.

Selain itu, ada juga seluang krispi, keripik pisang gurih, kacang bawang, stik bawang, dan sirup buah nanas. "Dengan harga yang terjangkau oleh-oleh ini banyak diminati masyarakat dan sekarang sudah mencapai pengiriman keluar provinsi," tuturnya.

Dia berharap kegiatan itu bisa lebih memperkenalkan oleh-oleh khas Barsel keluar daerah dan meningkatkan minat anak muda untuk memulai usaha. "Kami juga memperkenalkan sosok Pak Ganjar Pranowo serta ikut membangun semangat ibu-ibu pelaku UMKM," tandasnya.

Marpuah (32), salah satu peserta pelatihan senang dengan kegiatan Srikandi Ganjar Kalteng. "Kegiatan ini sangat positif. Selain bisa mendapat pengetahuan, kami juga bisa menjalin silaturahmi," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5258 seconds (0.1#10.140)