Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Sulut Keluarkan Peringatan Dini

Senin, 23 Januari 2023 - 04:46 WIB
loading...
Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Sulut Keluarkan Peringatan Dini
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di sejumlah wilayah Sulawesi Utara (Sulut), untuk mewaspadai cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan. Foto/BMKG
A A A
MANADO - Mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Utara (Sulut), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini. Peringatan dini tersebut, berlaku untuk tiga hari ke depan.



Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle mengatakan, peringatan dini terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut, berlaku hingga Rabu (25/1/2023).



Di sejumlah wilayah Sulut, berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. "Kami berharap warga memperhatikan peringatan dini ini, dan tetap waspadai bila terjadi cuaca ekstrem," ungkap Ben.



Sepanjang Senin (23/1/2023), peringatan dini cuaca dikeluarkan BMKG untuk wilayah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kemudian pada Selasa (24/1/2023), peringatan dini cuaca dikeluarkan BMKG untuk wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.



Sementara di hari Rabu (25/1/2023), peringatan dini cuaca berlaku di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Mari kita tetap waspada terhadap bahaya tanah longsor, pohon tumbang bahkan banjir, apalagi puncak musim hujan diperkirakan hingga awal bulan Februari," katanya. Masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan kanal-kanal yang disediakan BMKG, untuk mendapatkan informasi terkini terkait cuaca di setiap kabupaten dan kota.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)