Melihat Kecanggihan Gedung Papua Youth Creative Hub

Selasa, 22 November 2022 - 14:39 WIB
Demikian pula gedung asrama, tanpa penerangan lampu tetap terang di semua sisi karena banyak kaca dan lubang ventilasi. Desain atap gedung utama terinspirasi dari rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, yakni atap Honai dan Kariwari.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim, mengatakan, gedung PYCH sedang dalam tahap akhir.

"Sampai hari ini pembangunan telah mencapai 99,68 persen. Fasilitas di gedung utama ada tempat misalnya untuk pembelajaran, pameran, perpustakaan co-working space, kafe, bisnis kecil-kecilan, perpustakaan, ada kantor, pantry, dan sebagainya," kata Sagrim di lokasi yang sama.

Sagrim menyatakan gedung ini telah siap diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Desember 2022 atau paling lambat Januari 2023. Groundbreaking gedung PYCH ini dilakukan Presiden Jokowi pada Oktober 2021 lalu. Kepala BIN Budi Gunawan turut memberikan sambutan saat groundbreaking tersebut.

Dibangun di atas lahan seluas 15.000 meter persegi, PYCH memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Gedung ini memiliki lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor, dan lanskap.

PMI merupakan organisasi yang dibina BIN untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda di Tanah Papua. Lewat PMI, diharapkan generasi muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatif mereka dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih.
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More