Sungai Oya Meluap Rendam Rumah dan Sawah di Gunungkidul

Sabtu, 19 November 2022 - 07:03 WIB
Hujan yang terjadi di hari Jumat hingga Sabtu dini hari memang cukup lebat dan berlangsung lama. Hal ini membuat Sungai Oya meluap karena tak mampu menampung limpasan air dari atas.

Sejak Jumat pukul 20.30 WIB tanda-tanda banjir sudah terlihat karena air mulai masuk ke lahan pertanian. Semakin malam debit air semakin meninggi. Sejak pukul 21.00 WIB, air sudah naik ke lahan pertanian di pinggir Sungai Oya.

Sekitar pukul 22.00 WIB akhirnya air masuk ke pemukiman. Sejak sore warga sudah mengevakuasi barang-barang mereka dengan menempatkan di lokasi yang lebih tinggi. Air terus meninggi merendam sebagian wilayah Dusun Jerulegi hingga pinggang orang dewasa.

"Seperti 2017. Pas badai Cempaka dulu rumah kami terendam. Padahal dari sungai Oya jaraknya 100 meter lebih," tutur dia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono mengatakan akibat hujan yang terjadi sejak Jumat sore, Sungai Oya dan beberapa sungai lainnya juga meluap. Pihaknya sudah memberikan himbauan kepada warga untuk waspada.

"Kami pantau beberapa wilayah yang terendam luapan Sungai Oya ini. Beberapa wilayah yang terendam di antaranya seperti Kapanewon Ngawen. Dusun Pucung Pangkah Nglipar beberapa rumah terendam dan jalan tidak bisa dilalui," ungkapnya.

Kemudian Dusun Widoro Kidul, Kapanewon Paruk jalur utama terendam air sehingga tidak bisa dilalui. "Jembatan di Dusun Pucung putus. Kemudian di Dusun Blembem RT 05 /RW 8 ada tanah longsor dan beberapa rumah tertimpa pohon tumbang," ujarnya.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More