Prajnaparamita, Sosok Perempuan Cantik Jawa Titisan Raja Singasari

Senin, 14 November 2022 - 06:02 WIB


Sedangkan Kakawin Nagarakretagama pupuh 69/1 memberitakan bahwa jenazah putri Rajapatni yang dicandikan di Kamal Pandak, candi makamnya yang berada di Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, yang dibangun pada tahun 1362 disebut Prajnaparamita puri.

Di Piagam Penanggungan tahun 1296, dan Piagam Kertarajasa 1305 memuja-muji kecantikan Putri Gayatri, yang tak lain adalah putri bungsu dari Raja Singasari Kertanagara

Sosok Gayatri ini juga menjadi istri yang paling dikasihi oleh Kertarajasa atau Raden Wijaya.

Dari kisah dan perjalanan hidupnya, ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya Arca Dewi Prajnaparamita diduga merupakan Gayatri alias Rajapatni. Arca ini diletakkan di Candi Prajnaparamita puri di Boyolangu.

Pendewaan terhadap tokoh-tokoh penting ini akibat percampuran antara pemujaan arwah leluhur dan agama Hindu Buddha pada zaman Singasari-Majapahit. Selain itu, sudah menjadi adat bahwa keluarga raja yang dicandikan itu didewakan dan arcanya diletakkan dalam candi makam.

Kepribadian keluarga raja yang terdiri dari watak dan rupa ikut diarcakan juga, sehingga arca dewa itu identik dengan arca keluarga raja. Banyak di antara arca-arca keluarga raja yang sangat berkesan dan bermutu tinggi sebagai seni arca.

Dewi Prajnaparamita dalam kesusastraan Bhudisme dipandang sebagai jelmaan segala kesempurnaan sifat Bodhisatwa, lambang kesempurnaan sejati.

Gayatri dinikahi Raden Wijaya dengan status istri keempat yang bergelar Rajapatni atau pendamping raja. Gayatri cantik, cerdas dan tangguh sehingga Raden Wijaya mampu mendirikan Majapahit hingga mencapai kejayaan.

Dari pernikahan itulah lahir generasi-generasi terbaik Majapahit, salah satunya adalah Hayam Wuruk yang merupakan cucu dari Gayatri. Hayam Wuruk juga yang menciptakan legasi untuk mendiang neneknya karena keluhuran jasanya bagi berdiri hingga kesuksesan Majapahit.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More