Operasi Kembar Siam Ayesha-Aleeya: Organ Liver Dempet dan Pembuluh Darah Menyilang

Selasa, 08 November 2022 - 21:10 WIB
Saat tindakan operasinya juga bukan hanya oleh dokter bedah saja, tapi juga melibatkan psikolog sampai dokter bedah plastik.

Untuk kasus Ayesha-Aleeya, lanjut dia, merupakan kasus bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoraco-omphalopagus). Namun masing-masing memiliki organ bagian dalam yang lengkap, seperti jantung, paru-paru, dan sebagainya.

Namun untuk organ livernya berdempet dan pembuluh darahnya menyilang.



"Melihat kondisi keduanya, sudah cukup dilakukan tindakan operasi. Secara medis bayi sudah bisa dioperasi mulai usia enam atau delapan bulan, karena fungsi tubuhnya sudah dapat mentolerir operasi berat," terangnya.

Disinggung apakah putri pasangan suami istri Eka Lasmana dan Mira Rahayu itu membutuhkan donor organ tubuh, Dikki menyebutkan hal tersebut tidak diperlukan karena organnya semua lengkap. Seperti usus, ginjal, kandung kemih, dan lainnya masing-masing ada.

"Hasil evaluasi dan pemeriksaan, permasalahan paling komplek dalam operasi pemisahan adalah pada organ liver. Sebab berkaitan dengan bagaimana cara menutup kurangnya jaringan agar tingkat kecacatannya tidak terlalu mencolok," ujarnya.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More