Stadion GSJ Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Senin, 29 Juni 2020 - 09:51 WIB
"Harapannya enam stadion ini masuk semua dan menjadi tuan rumah gelaran U-20. Idealnya memang harus masuk semua," kata dia.

Dengan dipilihnya stadion GSJ Palembang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, Pemprov Sumsel mengharapkan agar ini bisa menjadi semangat untuk masyarakat serta pemerintah daerah untuk berbenah menjadi lebih baik.

"Mudah-mudahan even ini memberikan stimulan bagi masyarakat Palembang, serta bisa meningkatkan kepariwisataan di Sumsel. Namun yang paling penting adalah kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah even intenasional ini. Jangan sampai ada penurunan penilaian dari tim penilai PSSI hanya karena daerah belum siap," terangnya.

Untuk renovasi dan penambahan fasilitas pendukung lain, lanjut Deru, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BUMD dan BUMN yang ada di Sumsel. Hal itu lantaran kondisi keuangan pemerintah daerah yang saat ini masih difokuskan untuk penanganan COVID-19.

"Kendala pasti keuangan. Tapi kita tidak berserah diri karena masih ada pihak eksternal dan korporasi baik dari BUMN ataupun BUMD di Sumsel. Kita juga akan melibatkan swasta. Apalagi September semua pengerjaannya sudah harus selesai, kita optimis bisa menyelesaikan semua pengerjaan pembangunan fasilitas yang dibutuhkan," ucap Deru.

Menurutnya, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 ini akan berdampak besar bagi Sumsel, begitupun bagi Indonesia. Sebab saat ini, Indonesia masih dinilai sebagai negara dengan penyebaran COVID-19 yang lumayan besar.

"Dengan menjadi tuan rumah, kita dinilai menjadi wilayah yang sehat. Jadi kita bisa menghapus stigma negatif negara kita. Meski di tengah pandemi, upaya protokol kesehatan juga diutamakan. Karena itu, dalam persiapan dan pelaksanaannya juga akan dikaitkan dengan protokol kesehatan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan, ada 24 negara yang akan ikut serta dalam Piala Dunia U20. "Gelaran Piala Dunia U-20 akan dilaksanakan pada Mei 2021, namun September 2020 ini akan dilakukan sertifikasi stadion oleh FIFA, sehingga persiapan matang harus dilakukan dengan cepat," katanya.

Ucok menjelaskan, saat ini persiapan stadion GSJ Palembang terus dikebut, hanya perlu renovasi sedikit. Begitupun dengan lapangan sepak bola pendukung lain yang nantinya akan digunakan untuk pemanasan tim-tim yang bertanding.

"Akan banyak keuntungan yang didapat Sumsel jika kita menjadi tuan rumah pelaksanaan U-20 nanti. Lapangan milik kita ini akan menjadi bagian sewa oleh FIFA dan jadi pemasukan untuk kita," terangnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More