Kominfo Menggelar Forum Pendidikan Karakter Pancasila dan Pertunjukan Wayang di Ngawi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB
BRM. Bambang Irawan mengatakan, (GSMS) memang sebaiknya dilakukan oleh pihak sekolah/pengajar/tenaga pendidikan bila ingin menciptakan generasi muda menjadi penjaga budaya dan kearifan lokal.

"Hal tersebut memiliki tantangan berat mengingat makin menipisnya generasi milenial dalam menggunakan bahasa lokal, menipisnya ketertarikan mereka kepada adat, seni dan tradisi, karakter dan kepribadian makin berjarak dengan nilai-nilai budaya bangsa, dan solidaritas sosial bergeser menjadi ke solidaritas media sosial," katanya.

Program GSMS ini dilaksanakan agar para peserta didik dapat menyerap secara langsung ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki seniman. Program ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan kecintaan dan wawasan yang lebih luas tentang karya seni budaya sehingga dapat memperkuat karakter para peserta didik.

Praktisi seni Tjahjono Widijanto mengatakan reguklah ilmu dan khazanah budaya dari mana saja tapi reguklah tuntas juga ke-Indonesiaanmu. "Kita harus menjadi orang cerdas, pintar, dan intelektual seperti Einstein tetapi hati, jiwa kita tetaplah jiwa dan kepribadian timur yang memiliki etika ketimuran," ujarnya. CM
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More