Dunia Industri Kembali Beroperasi, Waspadai Pencemaran Lingkungan

Selasa, 23 Juni 2020 - 14:31 WIB
Hal ini seperti yang diterapkan BBTPPI Semarang, sehingga menjadi momen penting dalam upaya pengembangan industri nasional yang berdaya saing global di era digital, tegasnya.

Menurutnya, selama ini BBTPPI Semarang sebagai salah satu unit litbang di bawah binaan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin telah berkontribusi dalam mengajak sektor industri di tanah air untuk peduli terhadap lingkungan. Hal ini sejalan dengan penerapan konsep industri hijau yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

Inovasi BBTPPI fokus pada pencegahan pencemaran industri, ujarnya. Salah satu penemuan barunya adalah pengembangan sistem pengolahan limbah terintegrasi yang dinamakan Planet 2020. Teknologi pengolahan air limbah ini berbasis secara biologi, yaitu pengolahan secara anaerobik dan wetland.

“Inovasi Planet 2020 meliputi inovasi dalam hal rekayasa desain distribusi flow, penggunaan bakteri terimmobilisasi yang dapat digunakan untuk semuajenis air limbah, dan rekayasa sirkulasi aliran untuk memaksimalkan degradasi polutan," paparnya.
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More