Karomah Bambu Runcing Kiai Ahmad Fauzan Mampu Usir Tentara Jepang dan Belanda dari Pati

Minggu, 27 Maret 2022 - 05:40 WIB
Guna meningkatkan semangat dan moral para pejuang, Kiai Ahmad Fauzan memberikan doa-doa kepada bambu runcing yang akan dipakai melawan tentara kolonial Belanda. Doa tersebut diberikan di halaman Masjid Darussalam, Saripan, Jepara.

Perlawanan sengit dari para pejuang terhadap Belanda pun terus berlangsung. Karena kesal, Belanda mengincar Kiai Ahmad Fauzan. Bahkan menjanjikan sejumlah hadiah bagi yang berhasil menangkapnya.

Hingga akhirnya Kiai Ahmad Fauzan tertangkap di daerah Bangsri, Jepara dan selanjutnya dipenjara. Dia baru dibebaskan setelah Belanda menyerahkan kedaulatan.

Pasca Indonesia merdeka,Kiai Ahmad Fauzan terus berjuang melalui pergerakan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) dan Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).

Selanjutnya pada 1949,Kiai Ahmad Fauzan diangkat menjadi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Jepara hingga akhir 1960. Dikutip dari jateng.nu, Kiai Ahmad Fauzan wafat pada 17 Mei 1972.

Menjelang kepergiannya, Kiai Fauzan masih dalam keadaan muthalaah kitab tafsir. Kiai Fauzan dimakamkan di pemakaman Suromoyo Kedungleper Ampean, Bangsri, Kabupaten Jepara.

Sumber: ansorjepara, jateng.nu dan diolah dari berbagai sumber
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More