Tan Peng Nio, Mulan Van Java yang Gagah Berani Melawan Kebengisan Tentara VOC Belanda

Selasa, 21 Desember 2021 - 05:03 WIB
Tan Peng Nio, perempuan etnis Tionghoa yang merupakan salah seorang prajurit hebat dalam peperangan melawan penjajah Belanda pada tahun 1740. Foto/Ilustrasi/Ist
Sosok Tan Peng Nio, perempuan etnis Tionghoa yang merupakan salah seorang prajurit hebat dalam perang para pejuang Tanah Air melawan penjajah Belanda pada 1740. Karena keberaniannya, dia bahkan disebut-sebut mirip dengan tokoh Mulan, pejuang perempuan asal China.



Foto/Ist

Saat itu Belanda menjajah Indonesia melalui kongsi dagang Hindia Timur Belanda atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).





Tan Peng Nio angkat senjata melawan kebrutalan penjajah Belanda dengan kepanjangan tangan VOC pasca terjadinya Geger Pecinan. Kondisi Jakarta genting lantaran terjadi pembantaian Etnis Tionghoa oleh tentara VOC Belanda yang bengis dan kejam.

Gonjang-ganjing menghadapi ancaman pembunuhan oleh tentara Belanda membuat Tan Peng Nio akhirnya memilih mengungsi ke arah timur. Menempuh perjalanan jauh, dia akhirnya tiba di wilayah Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah.



Foto/Ist
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More