Balakar Kobar Dikukuhkan untuk Antisipasi Karhutla

Senin, 11 Oktober 2021 - 07:21 WIB
Ketua Komsis A DPRD Kobar Rizky Aditia Putra mengatakan pihak dewan sangat mendukung pembentukan Balakar. iNews TV/Sigit
KOTAWARINGIN BARAT - DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mendukung penuh pembentukan barisan relawan kebakaran (Balakar), karena bisa membantu mengatasi terjadinya musibah kebakaran.

Ketua Komsis A DPRD Kobar Rizky Aditia Putra mengatakanpihak dewansangat mendukung pembentukan Balakar . Salah satunya ialah dalam segi anggaran. Sehingga Balakar ini dapat terus eksis dan bersinergi bersama Pemerintah Daerah dalam menanggulangi masalah kebakaran.

"Kami sangat suport dan Insya allah dalam perubahan tahun depan kita masukan anggaran untuk balakar, dengan dibantu dari anggota DPRD dan dari APBD Murni, hal ini segera akan kami lakukan rapat kerja," kata Rizky, Senin (11/10/ 2021).

Keberadaan Balakar memiliki peran yang cukup strategis, dalam penanganan kebakaran pemukiman dan juga Karhutla. Mereka juga membantu tim Damkar dalam penecagahan, pasca kebakaran dan juga kondisi darurat non kebakaran.

Oleh sebab itumemang sudah saatnya beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Kotawaringin Barat ini, ada Balakar, terutama daerah yang dimitigasi keraawanan yang tinggi, seperti daerah rawan penduduk di dalam Kota Pangkalan Bun. Baca: Polisi Gerebek Home Indutri Senjata Api Rakitan di OKU Timur.



"Hal terpenting tentu adalah pencegahan, sehingga dengan adanya Balakar ini, mereka dapat memantau kondisi lingkungan yang dapat terjadi kebakaran, mengidentifikasi potensi bahaya kebakaran, kemudian edukasi ke masyarakat serta menginformasikan pencegahan dan melakukan penjagaan.”

Dalam kesempatan tersebut, politisi Partai Gerindra ini menyampaikan apresiasi kepada Damkar Kobar. Menurutnya, Damkar Kobar sejauh ini telah menjalankan tugasnya dengan baik. Baca Juga: Air Mata Bahagia Pengayuh Becak di Tapanuli Tengah Terima Bingkisan dari Partai Perindo.



"Sejauh ini kinerja Damkar Kobar cukup luar biasa, Fast respon. Misal ada kebakaran jarak berapa menit saja mereka sudah berada di lokasi kejadian. Mudah - mudahan, kinerja Damkar semakin baik lagi Kedepannya dan didukung dengan Sarpras yang semakin baik," pungkasnya.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More