Amerika Serikat Rusuh, Demonstran Sasar Kantor Presiden Trump

Sabtu, 30 Mei 2020 - 11:00 WIB
Demo yang berujung dengan kerusuhan juga pecah di Atlanta, di mana para demonstran menghancurkan jendela-jendela di kantor CNN di kota tersebut.

Jurnalis NPR, Tamara Keithm menggambarkan protes keras di seberang jalan dari Gedung Putih, tempat puluhan pemrotes berkumpul untuk meneriakkan; "Saya tidak bisa bernapas!", "Kulit hitam itu penting", dan "Tidak ada keadilan, tidak ada kedamaian".

Para pengunjuk rasa juga terlihat berkumpul di jalan-jalan 14 dan U di Washington DC dan menutup lalu lintas selama beberapa saat sebelum melanjutkan ke dekat Gedung Putih.

(Baca: 50 Mayat Diduga Korban Corona Membusuk Dalam Empat Truk di New York)

Garda Nasional Minnesota telah mengerahkan lebih dari 500 tentara ke Saint Paul, Minneapolis, dan komunitas di sekitarnya. Dalam sebuah tweet, Garda Nasional mengatakan bahwa tujuan utama mereka adalah untuk membantu Departemen Pemadam Kebakaran Minneapolis saat kerusuhan berkobar di seluruh kota.

Polisi yang mencekik Floyd telah dipecat dan kini ditangkap. Namun, keluarga Floyd dan massa menuntut semua polisi yang terlibat dalam pembunuhan pria kulit hitam tersebut diadili.

Menurut informasi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago, demonstrasi telah meluas di berbagai wilayah dan telah memakan satu orang korban meninggal. Korban diduga akibat ditembak pemilik toko yang berupaya mengamankan barang dagangannya dari para penjarah. Angka pasti jumlah pengunjuk rasa maupun aparat kepolisian yang mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut masih terus didata.

(Baca: Minneapolis dan Saint Paul AS Rusuh, KJRI Nyatakan Para WNI Aman)

Aparat kepolisian setempat dilaporkan menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk menghalau massa. Beberapa lokasi yang masih dibanjiri demonstran pro-Floyd hingga Kamis malam antara lain Chicago, New York, Denver, Phoenix dan Columbus.

Namun, massa merencanakan aksi turun ke jalan lagi pada Sabtu (30/5/2020), di Cleveland , Colorado, Nashville, Des Moines, Detroit dan Chicago.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More