Pemerintah Diminta Pertimbangkan Matang-matang Sebelum Buka Sekolah

Selasa, 26 Mei 2020 - 14:51 WIB
Pemerintah diminta mempertimbangkan matang-matang sebelum pembukaan sekolah. Foto: Sindonews/dok
JAKARTA - Rencana Pemerintah akan kembali membuka sekolah, meski masih meningkatnya kasus COVID-19 yang ada saat ini mendapat perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).



Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta pemerintah benar-benar mempertimbangkan secara matang rencana pembukaan sekolah-sekolah di tahun ajaran baru mendatang.

Jika perlu, sebelum sekolah dibuka dilakukan simulai penerapan protokol kesehatan sehingga meminimalisir potensi penularan wabah corona (COVID-19) di kalangan siswa.

"Kami meminta wacana pembukaan sekolah perlu pertimbangan matang. Mulai dari posisi sekolah di zona COVID-19 seperti apa, protokol kesehatannya bagaimana, hingga sosialisasi dan evaluasi pelaksanaannya di lapangan harus jelas," ujar Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (26/5/2020).





Dia menjelaskan, pembukaan sekolah di masa pandemi merupakan sebuah pertaruhan besar. Apalagi, hingga saat ini laju penularan COVID-19 di Tanah Air kian meningkat dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

"Hingga kemarin kurva kasus positif COVID-19 di sejumlah daerah malah menunjukkan peningkatan tajam sehingga jika dipaksakan membuka sekolah di wilayah-wilayah tersebut maka potensi penularannya di kalangan peserta kegiatan belajar-mengajar akan sangat besar," ujarnya.

Huda mengungkapkan, anak-anak usia sekolah sangat rentan tertular COVID-19 . Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga Jumat (22/5/2020), jumlah anak yang positif Covid-19 mencapai 831 anak atau 4% dari jumlah keseluruhan pasien positif. Mereka dalam rentang usia 0-14 tahun. Sedangkan jumlah PDP anak di Indonesia dengan berbagai penyakit sebanyak 3.400 kasus.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More