Jakarta-Sumedang Kolaborasi, Bupati Dony Ungkap Harapannya kepada Anies Baswedan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 19:48 WIB
Dia meyakini, terbangunnya kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang akan menguntungkan kedua belah pihak.

"Ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Satu sisi hasil panen dan produk UMKM Sumedang pasarnya jelas, off takernya ada di Jakarta. Di sisi lain, Pemrov Jakarta bisa memastikan ketersediaan stok pangan di wilayahnya," kata Dony.

Melalui kerja sama yang mulai terbangun itu, Dony pun menyampaikan harapannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia berharap, kerja sama tersebut bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang dan bisa terus berlanjut serta dikembangkan lebih luas lagi dengan menyasar sektor-sektor lain.

"Di samping bidang pertanian dan UMKM, ke depan cakupannya bisa lebih luas lagi, bisa berupa produk holtikultura, investasi maupun pariwisata," kata Dony.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemda Kabupaten Sumedang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat di Jakarta.

Jika pasokan kebutuhan pangan masyarakat di Jakarta aman, kata Anies, maka akan berimbas pada kestabilan harga pasar, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat di Jakarta.

"Itulah tujuan utamanya. Mengapa Pemrov DKI Jakarta menjangkau ke berbagai wilayah, yaitu untuk memastikan agar pasokan di Jakarta aman," kata Anies.

Dikatakan Anies, selain untuk memastikan pasokan pangan aman, kerja sama tersebut juga merupakan sebuah program untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Menurutnya, jasa besar para petani dalam menyuplai kebutuhan pangan dibalas dengan harga gabah yang lebih tinggi sebagai bentuk apresiasi.

"Kita semua yang tinggal di perkotaan memiliki utang budi kepada para petani. Lewat program ini, kita membalas budi para petani dengan memberikan apresasi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk gabah yang mereka hasilkan," ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More