Tangan Dingin Bobby Nasution Berantas Penyakit Pungli di Kota Medan

Senin, 24 Mei 2021 - 16:50 WIB
“Tindakan tegas Wali Kota ini juga untuk menunjukkan pentingnya reformasi birokrasi, karena untuk kota sebesar Medan, kemajuan itu harus nyata terwujud jika sektor birokrasi dan pelayan publik menjadi lebih baik," tutur Dimas.

Bobby, kata Dimas, sangat menyadari ini sehingga harus dibenahi. Bobby melakukan itu tanpa ingar bingar. Wwali kota langsung turun ke lapangan baik itu pagi, siang maupun malam.

“Bahkan, wali kota turun langsung ke lokasi untuk menemui aparatur yang diduga melakukan pungli. Sebab, Medan selama ini citranya bisa dibilang cukup negatif terkait pelayanan publik, karena aparaturnya banyak terlibat dalam berbagai praktik pungli sehingga harus dibenahi," ujarnya.

Reformasi birokrasi yang dilakukan wali kota sebagai bentuk konkret yang tidak disangka-sangka warga Kota Medan. Wali Kota berani bertindak tegas membrantas pungli.



“Jadi, ini bagus sekali dan sangat fenomenal. Wali kota-wali kota sebelumnya sangat kalem dan bisa dikatakan toleran terhadap praktik seperti itu. Tentunya, ini sangat positif bagi wali kota dan memang zamannya harus seperti ini. Di samping itu sebagai perwujudan anak muda yang menunjukkan kinerjanya sekaligus semangat anak muda untuk kemajuan Kota Medan,” tuturnya.

Apa yang dilakukan Wali Kota Medan, kata Dimas, untuk menjawab aspirasi besar warga Kota Medan agar Wali Kota-nya harus bertindak seperti itu. “Menurut saya, ini merupakan kepemimpinan yang promising. Untuk itu, warga Kota Medan harus mendukung apa yang dilakukan wali kota," ujarnya.

Sebab, yang diprioritaskan wali kota adalah pelayanan publik, terutama penyelenggara pelayanan publik. Tidak mungkin, suatu kota atau negara bisa maju jika penyelenggara pelayan publiknya tidak bersih dan tidak responsif terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakatnya,” paparnya.

Sebagaimana kata Dimas, bicara soal kebersihan, jika ada warga yang melapor tidak di-follow up. Begitu juga ketika warga mengurus dokumen maupun UMKM yang ingin berjualan tapi harus dimintai uang.

Apalagi, tambah Dimas, Kota Medan problemnya sangat kompleks dan salah satu penyumbang kompleksitas yang terjadi adalah persoalan pelayanan publik, sehingga harus dibenahi Wali Kota. Dimas pun optimis akan banyak penyelenggara pemerintahan di Pemko Medan yang akan mendukung langkah tegas Wali Kota tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content