Perang Saudara di Beoga Papua Berakhir, Proses Dijaga Ketat TPNPB-OPM

Senin, 05 April 2021 - 07:01 WIB
“TPNPB-OPM juga mendesak, agar kedua belah kubu yang berperang, segera damai dan jangan lagi ada saling balas, jika ada yang saling balas, maka OPM akan turun dan mengamankan para pelaku,”tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan misi utama Bupati adalah mengamankan warganya yang sedang perang. Sehingga ketika pihaknya mengetahui ada anggota TPNPB OPM ada di lokasi perang, pihaknya lebih memilih untuk menahan diri, semua demi satu tujuan adalah perang saudara harus segera diselesaikan, dan pelaku diamankan. Sebab jika kehadiiran aparat TNI-Polri di lokasi perang, maka sudah dipastikan akan terjadi kontak senjata, maka misi pertama perdamaian antara warga yang bertikai bisa batal.

“Kita menahan diri, yang utama adalah perdamaian antara kedua belah pihak bisa aman, ternyata sudah aman, dan satu pelaku, sudah kita amankan, dan kita akan antara ke Ilaga, untuk selanjutnya diproses,sesuai dengan hukum yang berlaku di negera ini,”tambahnya.

Kapolres juga mengimbau agar jangan lagi ada perang saudara, karena perang saudara hanya membawa kerugian besar bagi warga, hilang nyawa, harta dan benda. Bahkan anak dan istri bisa menjadi korban, masyarakat sendiri yang rugi jika ada persoalan,maka serahkan saja kepada aparat keamanan,sehingga hukum yang akan ditegakan, bukan pakai angkat panah lagi.

Usai prosesi adat, dilakukan penandatangan surat pernyataan, oleh para tokoh dari kedua belah pihak, jika ada yang berani mengulang,maka konsekwensi hukum siap diterima oleh siapa yang berani angkat panah.
(sms)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More