Mengunjungi Kampung Jamu Wonolopo Semarang, Teduh Berhias Tanaman Empok-empon

Senin, 08 Maret 2021 - 05:12 WIB
Seorang penjual jamu di Kampung Wonolopo Semarang saat melayani pembeli jamu.Foto/Taufik Budi
SEMARANG - Berkunjung ke Kampung Jamu Wonolopo Mijen , Kota Semarang, Jawa Tengah akan disambut dengan teduhnya suasana perkampungan. Selain bersih, pemandangan juga asri karena banyak tanaman yang berada di sekitar rumah-rumah warga.

Bukan hanya pohon buah-buahan konsumsi, tapi berderet-deret juga tanaman empon-empon. Tanaman rempah yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan menurut catatan sejarah, rempah-rempah lah yang menjadi daya tarik penjajah masuk ke Tanah Air.

Baca juga: Pasar Rembang Direlokasi, Lokasi Lama Dijadikan Ruang Terbuka

Kampung ini semakin tenar pada masa awal pandemi COVID-19. Banyak orang yang berburu minuman jamu. Selain hangat dan segar, jamu racikan warga di Wonolopo juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Warga menjulukinya dengan jamu anticorona.

“Iya, alhamdulillah kalau jamu tetep eksis,” kata Tarti, penjual jamu gendong yang puluhan tahun melakoni profesinya.



Beragam jenis jamu olahannya telah banyak dinikmati warga Kota Semarang. Kunyit asem yang dipercaya untuk melangsingkan tubuh, kerap diburu ibu-ibu muda. Biasanya racikan minuman itu, juga disertai jamu beras kencur yang berkhasiat bikin langsing dengan pinggang ramping. “Tapi saya udah pensiun (karena usia), dan ganti adik yang berjualan jamu,” singkatnya.

Sekretaris Paguyuban Jamu Gendong Wonolopo Supriyanto, mengatakan, terdapat sekira 40 orang yang menjalani profesi sebagai peracik jamu. Seiring waktu, jumlahnya menyusut hingga kini hanya sekira 25 orang yang masih setia menjadi penjual jamu.

“Selama pandemi proses produksi lancar, karena kebutuhan lumayan meningkat terutama pada awal-awal pandemi,” kata Supriyanto.

Bapak tiga anak itu menyampaikan, penghasilannya melonjak drastis pada awal pandemi. Semua minuman jahe yang mengandung temulawak, jahe, dan kunyit banyak dicari pembeli. Stok minuman jahe yang dibawa beredar ditambah untuk memenuhi pesanan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More