Rumkitlap Yonkes 2/YBH/Kostrad, Komitmen TNI AD Bantu Korban Bencana Gempa Mamuju

Kamis, 28 Januari 2021 - 21:44 WIB
Gempa bumi dahsyat di Sulawesi Barat, khususnya di wilayah Mamuju dan Majene serta sekitar wilayah Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021 lalu dengan kekuatan 6,2 Magnitudo mengakibatkan ribuan bangunan hancur dan rusak parah. Foto Penerangan Kostrad
MAJENE - Gempa bumi dahsyat yang melanda wilayah Sulawesi Barat, khususnya di wilayah Mamuju dan Majene serta sekitar wilayah Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021 lalu dengan kekuatan 6,2 Magnitudo mengakibatkan ribuan bangunan hancur dan rusak parah. Gempa tersebut mengakibatkan ribuan warga mengalami luka-luka serta lebih dari seratus orang dilaporkan meninggal dunia.



Sejumlah fasilitas dan sarana umum serta layanan publik tidak dapat dilakukan karena kantor-kantor pemerintahan serta kantor layanan publik juga mengalami kerusakan dampak dari gempa bumi yang mengguncang di wilayah tersebut, tidak terkecuali fasilitas Kesehatan dan rumah sakit yang mengalami kerusakan parah dan dipastikan tidak dapat dioperasionalkan secara normal.

Dengan kondisi tersebut, beberapa rumah sakit mengalami beban pelayanan yang sangat berat dikarenakan harus merawat pasien yang sakit ditambah dengan menolong dan memberikan pengobatan bagi para korban luka-luka akibat tertimpa runtuhan bangunan.





Baca juga:
Lancarkan Evakuasi Korban Gempa Sulbar, Kodam XIV/Hsn Gelar Jarkom Militer

Mendasari pelayanan darurat yang dibutuhkan para korban gempa di Mamuju, TNI Angkatan Darat bergerak cepat dengan mengirimkan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) secara lengkap dengan berbagai fasilitas dan peralatan medis yang dibutuhkan.



Instruksi untuk mengirimkan Rumkitlap ini langsung atas perintah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa yang menginginkan Rumkitlap yang lengkap agar dapat memberikan perawatan dan pengobatan bagi korban gempa di Mamuju, termasuk dengan dikirimkannya Batalyon Kesehatan 2/Yudha Bhakti Husada Divisi Infanteri 2 Kostrad yang berkedudukan di Malang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More