Kapal Perang KRI Kerambit–627 Tangkap Tiga Kapal Ikan Asing saat Mencuri di ZEE Indonesia

Senin, 09 November 2020 - 15:34 WIB
Kapal perang KRI Kerambit-627 berhasil menangkap tiga kapal ikan asing yang mencuri ikan di ZEE Indonesia.Foto/Ist
BELAWAN - Kapal Perang KRI Kerambit–626 menangkap tiga kapal ikan asing berbendera Malaysia saat melakukan aktivitas pencurian ikan di wilayah perairan Selat Malaka Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia, Minggu (8/11/2020) malam.

Ketiga kapal ikan yang ditangkap masing-masing dengan nomor lambung PKFB 1223, PKFB 1928, dan PKFB 1921 yang sedang melakukan aktivitas illegal fishing di wilayah perairan Selat Malaka ZEE Indonesia.

Siaran rellis dari Dispen Lantamal-1 di Belawan menjelaskan, penangkapan berawal saat KRI Kerambit-627 dibawah kendali operasi gugus keamanan laut (Guskamla) Koarmada 1 melaksanakan patroli di wilayah perairan ZEE Indonesia. Pada Minggu (8/11/2020) pagi mendapatkan kontak radar adanya kapal yang dicurigai sedang melakukan aktivitas ilegal.

Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Kerambit-627 melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap kapal ikan asing PKFB 1223 dan PKFB 1928. (Baca juga: Dukungan Seperti Bola Salju, Akhyar-Salman Rasakan Kemenangan Pilkada Medan)

Setelah berhasil ditangkap, dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan maupun penggeledahan terhadap muatan, dokumen, dan abk kapal tersebut. (Baca juga: Kena PHK, Mamah Muda Nekat Jualan Sabu yang Disimpan dalam Kotak Kosmetik)





Kapal berbendera Malaysia tersebut memuat ikan campuran kurang lebih 5 ton dengan nakhoda S, serta 5 anak buah kapal (ABK) berkebangsaan Myanmar.

Sedangkan PKFB 1928 dengan muatan ikan campuran kurang lebih 5 ton dengan Nakhoda Z dan 4 orang ABK yang juga berkebangsaan Myanmar, yang diduga muatan ikan campuran pada kedua kapal tersebut, hasil penangkapan dengan menggunakan trawl secara ilegal di perairan Indonesia.

Kemudian KRI Kerambit-627 berhasil menangkap kapal ketiga, setelah dilakukan pemeriksaan didapati bahwa kapal berbendera Malaysia yang memuat kurang lebih 6 ton ikan campuran nomor lambung PKFB 1791 dengan nakhoda PK dengan ABK 5 orang berkebangsaan Thailand.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More