Atasi Gangguan Siber, Jogjaprov CSIRT Diluncurkan

Kamis, 15 Oktober 2020 - 08:42 WIB
"Launching Jogja Prov CSIRT ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi, karena sejatinya CSIRT tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan partisipasi aktif semua pihak dalam menyelesaikan insiden secara cepat dan efektif," beber Hinsa.

Dengan Pembentukan CSIRT ini kata dia, diharapkan akan dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Pemda DIY dalam menyelenggarakan keamanan siber di sektor Pemerintah. Selain itu, CSIRT ini diharapkan bisa mendukung terwujudnya ruang siber yang aman dan kondusif sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Rony Primanto Hari mengatakan, mengakui saat ini banyak informasi serangan di dunia maya termasuk peretasan situs milik Pemda. Dengan demikian upaya upaya penigkatan penting dilakukan untuk sistem pengamanan. "Kita siap dengan sistem yang kita Kembangkan saat ini termasuk dalam hal perangkat, software dan sumber daya manusia (SDM," ulasnya.

Dalam hal ini pihaknya menitikberatkan SDM. Ini lantaran peralatan bisa dianggarkan dengan pembelian. Namun SDM juga harus ditingkatkan.
(nun)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More