Warga Kampung Oransbari Manokwari Selatan Olah Kelapa Jadi VCO

Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:12 WIB
Kelompok Penerima Bantuan (KPB) di Oransbari, Manukwari Selatan, Papua Barat berhasil memproduksi minyak kelapa murni atau VCO berbagai kemasan siap dipasarkan. Foto/Ist
MANOKWARI SELATAN - Program Transformasi Kampung Terpadu (TEKAD) mendorong hilirisasi komoditas unggulan di kawasan Indonesia Timur, salah satunya melalui olahan kelapa di Kampung Oransbari, Manokwari Selatan, Papua Barat.

Kelompok Penerima Bantuan (KPB) di desa ini kini berhasil memproduksi minyak goreng dan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) dalam berbagai kemasan yang siap dipasarkan.





Produk minyak goreng dan VCO yang dihasilkan dari bahan baku 100% kelapa lokal ini kini sudah tersedia di pasar dan toko sembako di Kabupaten Manokwari Selatan.

Minyak yang diproduksi tidak hanya berkualitas tinggi, tetapi juga ramah lingkungan dan bernilai ekonomi.

"Keberhasilan ini menunjukkan bahwa potensi lokal, jika dikelola dengan baik, dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Dengan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan Program TEKAD, Kampung Oransbari bertransformasi menjadi desa yang mandiri dan berdaya saing," kata Hamka, Fasilitator Program TEKAD Manokwari Selatan, Selasa (22/10/2024).

Hamka menambahkan, kerja keras kelompok ini juga membuka peluang kerja sama dengan pasar lokal dan regional. Jaringan distribusi yang telah dibangun menjanjikan peluang semakin luas seiring dengan peningkatan jumlah konsumen.



"Dengan kualitas produk yang unggul dan dukungan Program TEKAD, masa depan Kampung Oransbari sebagai sentra produksi minyak kelapa semakin cerah," ungkapnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content