3 Jenderal Polisi Asli Putra Papua, 2 Perwira Tembus Bintang Tiga

Selasa, 08 Oktober 2024 - 05:54 WIB
Pada Maret 2021, Mathius dilantik menjadi Kapolda Papua. Di posisi ini, ia mendapatkan tantangan besar untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah yang sering kali menjadi sorotan nasional dan internasional.

Mathius dikenal sebagai sosok yang tegas namun juga sangat dekat dengan masyarakat. Berkat dedikasi dan keberhasilannya dalam menjalankan tugas, ia mendapatkan promosi pangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi, atau jenderal bintang tiga.

Namun, pada tahun 2024, Mathius memutuskan untuk mengundurkan diri dari Polri demi maju dalam Pilkada Papua sebagai calon gubernur. Sebelum mengundurkan diri, ia mendapatkan posisi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korps Brimob Polri.

Mathius D Fakhiri adalah sosok yang berpengalaman luas di Korps Brimob, dan kariernya yang cemerlang telah menginspirasi banyak generasi muda Papua untuk mengikuti jejaknya di dunia kepolisian.

3. Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw



Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw adalah salah satu tokoh besar dalam sejarah kepolisian Indonesia, terutama sebagai perwira tinggi Polri yang telah menorehkan banyak prestasi. Lahir di Karas, Fakfak, Papua Barat pada 25 Oktober 1963.

Paulus berasal dari keluarga sederhana yang berjuang di tengah kerasnya kehidupan di Papua. Nama ayahnya, Ferdinan Waterpauw, dan ibunya, Yacomina Atiamuna, mengajarinya nilai-nilai ketangguhan dan kesederhanaan yang kelak akan membentuk karakter kepemimpinannya.

Paulus Waterpauw merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1987 dan melanjutkan pendidikannya ke berbagai institusi pendidikan polisi bergengsi seperti PTIK, Sespim, hingga Lemhanas.

Paulus dikenal sebagai ahli di bidang intelijen, yang membantunya meniti karier hingga menduduki berbagai posisi penting. Beberapa posisi strategis yang pernah dipegangnya antara lain adalah Kapolda Papua Barat pada tahun 2014 dan Kapolda Papua pada tahun 2015.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content