Peran Eks Menhan Amir Sjarifuddin Letuskan Tragedi Pemberontakan PKI di Madiun 1948

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 09:00 WIB
Sekelompok orang yang diduga pelaku pemberontakan PKI di Madiun ditangkap TNI pada tahun 1948. Foto/IST
PEMBERONTAKAN Partai Komunis Indonesia (PKI) Madiun tak bisa dilepaskan dari peran Musso dan Amir Sjarifuddin. Amir merupakan mantan menteri pertahanan (Menhan) sempat bertemu dengan Musso dan Soemarsono, tokoh pejuang perang Surabaya melawan sekutu.

Saat itu rombongan PKI baru saja melakukan tur dari Kediri hingga ke Bojonegoro. Pemberontakan PKI di Madiun konon diinisiasi oleh para tokoh-tokoh kiri, di mana tokoh Politbiro yang konon merupakan elite - elite politik dari partai komunis.

Eks Menhan Amir Sjarifuddin sempat membicarakan situasi di Madiun saat bertemu Soemarsono di Kediri. Di sana Amir sempat menanyakan perimbangan kekuatan, sebelum peristiwa pemberontakan di Madiun pada 18 September 1948.



Amir Sjarifuddin pula yang memimpin Front Demokrasi Rakyat (FDR) organisasi front persatuan garis kiri, termasuk di antaranya PKI dan Partai Sosialis Indonesia, dan Pesindo.

Dikutip dari buku “Negara Madiun? Kesaksian Soemarsono Pelaku Perjuangan”, penculikan mulai terjadi di Kediri. Pasukan yang tak diketahui itu menculik pemimpin Serikat Buruh Dalam Negeri (Sebda), yang waktu itu melakukan pemogokan.

Tiga pemimpin mereka diculik dan hilang tak tahu jejaknya.Di Kediri, Soemarsono berunding dengan Amir Sjarifuddin dan Musso. Usai bertemu Musso, Musso meneruskan perjalanan ke Bojonegoro.

Komunikasi masih sempat terjadi antara Musso dan Soemarsono, mengenai kondisi di Madiun dan sekitarnya. Tapi pada perjalanannya, konon Musso tak jadi lagi ke Bojonegoro. Suatu hal yang membuatnya memutar arah kembali ke Madiun, tapi tak diketahui penyebabnya.



Usai kedatangan ke Madiun itu pertempuran muncul, pertempuran ini terjadi jam 2 dini hari, hingga selesai pukul 05.30. Pasukan gelap yang tak diketahui itu berhadapan dengan bekas Pemuda Sosialis Indonesia (Pesindo), yang sudah menjadi TNI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content