3 Empu Pembuat Keris Legendaris di Nusantara, Salah Satunya Berakhir dengan Kutukan

Rabu, 07 Agustus 2024 - 16:47 WIB
Nah, karena berwarna kemerahan, keris itu dinamakan Kyai Sengkelat (artinya bersemu merah).

2. Empu Gandring



Bicara soal Empu penempa keris legendaris era kerajaan, satu nama yang wajib masuk adalah Empu Gandring. Dalam cerita, dia terkenal sebagai pembuat keris sakti yang tewas ditikam Ken Arok, raja pertama Kerajaan Singasari.

Sebelum benar-benar tewas setelah ditikam dengan keris sakti buatannya sendiri, Mpu Gandring sempat mengucapkan kutukan kepada Ken Arok. Bukan gertak sambal belaka, kutukan itu terjadi.

Empu Gandring sebelumnya mengutuk keris itu akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini diceritakan memang senjata pembunuhan elit kerajaan Singasari yang tak lain adalah keturunan Ken Arok sendiri.

3. Empu Sombro



Menurut cerita yang berkembang secara turun temurun, Empu Sombro dulunya dikenal sebagai wanita pembuat pusaka era Pajajaran. Namanya mungkin tidak setenar Empu Gandring atau Empu Supo Mandrangi.

Namun, hasil tempaannya juga cukup menarik. Konon, Empu Sombro dapat membentuk keris dari logam hanya dengan menggunakan jari tanpa dipanaskan.

Padahal, biasanya seorang pengrajin keris akan menempa produknya dengan panas. Namun, berbeda dari mereka, Empu Sombro hanya menempa keris dengan memijat-mijatnya melalui jari.

Itulah beberapa nama Empu pembuat keris legendaris era kerajaan di Nusantara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content