7 Fakta Unik Probolinggo, Punya Julukan Kota Mangga

Kamis, 07 September 2023 - 11:28 WIB
Selama ini Kota Mangga identik dengan Indramayu. Ternyata, Kota Mangga yang sebenarnya adalah Probolinggo. Pasalnya berbagai jenis mangga yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia datang dari Probolinggo.

Mulai dari mangga harumanis, mangga manalagi hingga mangga golek sangat banyak dijumpai di kota ini. Ternyata, sumber dari ketiga mangga tersebut adalah Probolinggo, Jawa Timur.

Oleh karena itu, sepertinya lebih sesuai jika Probolinggo disebut sebagai "Kota Mangga" karena varietas unggulan ini berasal dari sana.

3. Suku Tengger di Probolinggo



Suku Tengger adalah suku asli yang tinggal di sekitar Gunung Bromo dan memiliki keyakinan Hindu lama. Mereka menganggap Gunung Bromo sebagai gunung suci dan melakukan upacara Yadnya Kasada setiap tahun.

Meskipun beragama Hindu, mereka tidak memiliki candi tempat peribadahan. Hanya Pura Poten Bromo yang ada di lautan pasir Gunung Bromo.

Masyarakat Suku Tengger memiliki cara berpakaian khas. Laki-laki mengenakan sarung dengan pengikat kepala, sementara wanita mengenakan kebaya pendek dan kain panjang dengan selendang.

4. Pelabuhan Utama dan Pusat Maritim



Pelabuhan Tanjung Tembaga, yang terletak di Probolinggo, adalah salah satu pelabuhan terbesar di Jawa Timur. Kota ini merupakan pusat perdagangan maritim yang penting dan menjadi gerbang bagi banyak barang yang masuk dan keluar dari Jawa Timur.

5. Seni Topeng Probolinggo

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More