PKB Gandeng PDIP Tantang Incumbent

Jum'at, 08 Mei 2015 - 10:47 WIB
PKB Gandeng PDIP Tantang Incumbent
PKB Gandeng PDIP Tantang Incumbent
A A A
GRESIK - Menjelang pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Gresik, Desember 2015, peta politik kian terang. PKB Gresik resmi menggandeng PDIP untuk mengusung calon dan menantang pasangan incumbent .

Koalisi Hijau-Merah dideklarasikan di RM Rahmawati, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kebomas, kemarin. Selain Ketua Dewan Syuro DPC PKB KH Robbach Ma’sum, hadir pula petinggi parpol dari wilayah maupun pusat. Koalisi ditandai dengan kesepakatan yang ditandatangani Ketua DPC PKB H Jazilul Fawaid dan Ketua DPC PDIP Siti Muafiyah.

PKB dengan delapan kursi dan PDIP enam kursi di DPRD Gresik sudah memenuhi syarat 20% pengajuan pasangan calon bupati dan wakil bupati. “Kami optimistis bisa meraih kejayaan seperti pada 1999, di mana waktu itu PKB dan PDIP sukses mendukung mantan Bupati Gresik KH Robbach Ma’sum menjabat selama dua periode,” ujar Sekretaris DPC PKB Gresik Imron Rosyadi kemarin.

Sayangnya, kedua parpol, baik PKB maupun PDIP, belum memunculkan nama. Hanya, beredar kabar PKB akan memunculkan tiga nama untuk calon bupati (cabup). Ketiga nama dimaksud yakni Jazilul Fawaid (anggota DPR RI), Husnul Khuluq (Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro), dan satu nama yang sudah dikantongi DPW PKB Jatim.

Sedangkan, PDIP dikabarkan akan mencalonkan cabup Bambang Suhartono (DPRD Jatim), Siti Muawiyah (Ketua DPC PDIP Gresik), dan Mujid Ridwan (Sekretaris DPC PDIP) sebagai calon wakil bupati (wabup) Gresik. Ketua DPC PKB Gresik Jazilul Fawaid mengatakan, koalisi ini untuk menyatukan langkah perjuangan politik agar di Gresik terjadi perubahan kepemimpinan.

Meskipun resmi berkoalisi secara lembaga, pihaknya belum mengungkapkan nama calon yang diajukan. “Kami masih melakukan fit and proper test calon bupati maupun wabup,” ujarnya. Namun, Jazilul membenarkan, DPC PKB Gresik saat ini sudah mengantongi tiga nama. Namun, nama-nama yang dikantongi DPW PKB Jatim itu belum bisa disebutkan untuk saat ini karena menjadi urusan DPW PKB Jatim dan pihaknya belum bisa memberikan identitas.

Ketua DPC PDIP Gresik Siti Muagiyah mengatakan, dengan adanya koalisi ini, semangatnya satu, yaitu memenangkan Pilkada Gresik 2015 seperti pada 1999. “Kami tetap konsisten dan bertekad bulat memenangkan Pilbup Gresik 2015,” tutur dia seraya mengatakan, PDIP realistis untuk mengusung cawabup. Namun, semua tergantung hasil musyawarah mufakat kedua partai yang resmi berkoalisi dan pihaknya bakal mematuhi kesepakatan tersebut.

Dengan resminya koalisi Hijau-Merah ini, mereka akan menantang pasangan incumbent Sambari Halim Radianto dan HM Qosim. Keduanya telah lebih dulu mengumumkan akan kembali maju berpasangan pada Pilkada Gresik mendatang. Sedangkan, kendaraan politik yang digunakan tetap Partai Golkar karena hingga kini Sambari masih menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Gresik.

Ashadi ik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)