Mahasiswa Desak Kadisdik Mundur

Kamis, 07 Mei 2015 - 10:27 WIB
Mahasiswa Desak Kadisdik Mundur
Mahasiswa Desak Kadisdik Mundur
A A A
BOJONEGORO - Puluhan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Bojonegoro menggeruduk Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro di Jalan Pattimura, Kota Bojonegoro.

Mereka mendesak Kepala Disdik (Kadisdik) Bojonegoro Husnul Khuluq segera lengser dari jabatannya. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bojonegoro ini mendatangi Kantor Disdik Bojonegoro sambil membawa poster berisi tuntutan perbaikan pendidikan di Bojonegoro. Selain itu, mereka membawa spanduk dan bendera.

Mahasiswa menuntut empat hal, yaitu memaksimalkan anggaran pendidikan tahun 2015, pengawasan penggunaan anggaran dana alokasi pendidikan (DAK), pemerataan potensi guru, dan memberikan sanksi tegas terhadap oknum pengajar yang melanggar hukum. “Pendidikan di Bojonegoro sampai saat ini bobrok, tidak mengalami kemajuan, justru mengalami kemunduran. Contoh kecil, saat ini ada ratusan gedung-gedung sekolahan yang rusak tidak diperbaiki, juga banyak guru terlibat hukum tidak dipecat,” ungkap Ketua PC PMII Bojonegoro Anas Ubaidillah kemarin.

Dalam aksi itu, mahasiswa meneriakkan Kepala Disdik Bojonegoro Husnul Khuluq untuk diturunkan dari jabatannya. Sebab, mereka menilai pendidikan di Bojonegoro tidak kunjung ada kemajuan, sehingga perlu pergantian yang bisa membuat pendidikan lebih maju dan berkualitas. Aksi di Kantor Disdik Bojonegoro itu berlangsung cukup lama karena mahasiswa menunggu untuk bertemu Kadisdik.

Namun, setelah beberapa jam berorasi dan menunggu, Husnul Khuluq tetap tidak mau bertemu sehingga mahasiswa sempat kecewa, lalu membubarkan diri. Tidak berhenti sampai di situ, mahasiswa melanjutkan aksinya dengan mendatangi Gedung DPRD Bojonegoro. Mereka melakukan aksi jalan kaki sepanjang 2 km dari Kantor Disdik Bojonegoro menuju Gedung DPRD Bojonegoro.

Mereka juga menyebar selebaran dan berorasi selama aksi jalan kaki itu. Saat di gedung Dewan, mahasiswa ditemui Ketua DPRD Bojonegoro Mitroatin. Wakil rakyat yang menemui menyatakan dukungan terhadap suara mahasiswa yang menyoroti pendidikan di Bojonegoro saat ini.

“Terima kasih atas masukannya, kami dari anggota Dewan juga akan terus mengawal pendidikan di Bojonegoro. Jangan sampai pendidikan mengalami kemunduran,” ujar Mitroatin di hadapan mahasiswa.

Muhammad roqib
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6364 seconds (0.1#10.140)