Usung Produk Unggulan dan Budaya dalam WEM

Rabu, 29 April 2015 - 10:57 WIB
Usung Produk Unggulan...
Usung Produk Unggulan dan Budaya dalam WEM
A A A
Ketangguhan kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-62 bakal diuji. Mereka yang sebelumnya ditempa di AAL, Bumimoro, Surabaya, bertolak ke Italia untuk mengikuti World Expo Milano (WEM) 2015.

WEM bertema Feeding the Planet, Energy for Life merupakan salah satu event terbesar dunia setelah olimpiade dan World Cup yang akan diikuti lebih dari 145 negara. Ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan dan mempromosikan beragam hasil karya anak bangsa, produk unggulan, dan budaya Indonesia. Ada 99 taruna AAL dalam Satuan Tugas Kartika Jala Krida (KJK).

Mereka terdiri dari 89 taruna dan 10 taruni dan akan mengikuti pelayaran muhibah ini terhitung 28 April-28 Juli 2015. Berbeda dengan pelayaran muhibah ke luar negeri beberapa tahun sebelumnya yang menggunakan KRI Dewaruci, pelayaran kali ini dengan KRI Banjarmasin-592, yang sebelumnya sempat dipakai operasi pembebasan sandera di perairan Somalia.

KRI Banjarmasin-592 dikomandani Letkol laut (P) Rahmat Arief Bintoro. KJK tahun ini berbeda dengan sebelumnya yang hanya melibatkan taruna AAL. Taruna Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) serta SMK Pelayaran ikut di dalamnya. Rinciannya, 10 orang dari STP Jakarta, 4 orang dari STIP Jakarta, dan 20 siswa SMK Pelayaran Jakarta.

Sasaran yang ingin dicapai bagi taruna AAL dalam pelayaran ini adalah terlaksananya kegiatan WEM di Italia, membina hubungan diplomasi dengan negaranegara yang disinggahi. Selama di arena WEM, Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL akan tampil. Sedangkan, Taruna STP dan STIP akan menyelenggarakan gelar budaya di Paviliun Indonesia WEM-15.

Personel intelijen, kesehatan, Komando Pasukan Katak (Kopaska), penyelam, Korps Marinir, perwira rohani, perwira psikologi, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), kru heli ikut di dalamnya. Perjalanan berlayar ke Milan, Italia, dengan KRI Banjarmasin- 592 dalam rangka memberikan kemudahan praktik berlayar bagi taruna dan siswa SMK pelayaran.

Bergabungnya Taruna Pelayaran dan siswa SMK Pelayaran merupakan gagasan Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo. Pelayaran ke Italia ini merupakan bagian kurikulum ketiga institusi pendidikan tinggi kemaritiman tersebut. Selama pelayaran akan diisi mata kuliah umum, seperti etika pergaulan internasional. Jarak yang ditempuh KRI Banjarmasin- 592 adalah 17.673 NM atau 32.692 km.

Rutenya, Surabaya-Belawan- Cochin (India)-Salalah (Oman)-Alexandria (Mesir)- Genova (Italia)-Jeddah (Arab Saudi)-Karachi (Pakistan)-Padang- Jakarta-Surabaya. Operasi KJK ini menjadi bagian pembuktian ketangguhan KRI Banjarmasin-592 karena merupakan salah satu jenis landing platform dock (LPD) atau kapal bantu angkut personel (BAP) buatan PT PAL Indonesia.

KRI Banjarmasin merupakan KRI pertama buatan PT PAL yang selesai pada 2007 dan diserahkan kepada TNI AL tahun 2009. KRI Banjarmasin memiliki bobot 7.000 ton dengan panjang 125 meter dan lebar 22 meter. Mampu mengangkut 18 tank amfibi dan 5 unit helikopter. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 16 knot.

Tugas penting pernah didukung KRI Banjarmasin, yakni pembebasan kapal MV Sinar Kudus yang dibajak di perairan Somalia. Kapal ini juga membawa taruna AAL pada KJK ke- 4 di empat negara, yakni Busan, Korea selatan; Sasabo, Jepang; Manila, Filipina; dan Qingdao, Tiongkok; tahun 2013. Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo selaku inspektur upacara (Irup) pelepasan Satgas KJK menyatakan, kegiatan ini menjadi ajang taruna muda mempraktikkan ilmu. Juga kesempatan bagi taruna pelayaran dan siswa SMK pelayaran.

”Jadikan saat pergi dan pulang sebagai kesempatan galang kebersamaan anak-anak muda bangsa kita. Tadi ada dari Papua, Jateng dan lainnya,” kata Indroyono. Dia berpesan kepada mereka yang hendak berlayar supaya mengibarkan panji Indonesia dan bisa menunjukkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Soeprayitno
Surabaya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3881 seconds (0.1#10.140)