PDIP Siap Bersaing dengan PKB

Jum'at, 24 April 2015 - 09:22 WIB
PDIP Siap Bersaing dengan PKB
PDIP Siap Bersaing dengan PKB
A A A
SIDOARJO - Jalan Saiful Ilah kembali menduduki jabatan Bupati Sidoarjo untuk periode kedua bakal tidak mudah. PDI Perjuangan (PDIP) Sidoarjo menyatakan siap mengusung calon bupati sendiri dalam Pilkada 2015.

Pernyataan ini disampaikan Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tito Pradopo dalam launching program penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di Kantor DPC PDIP, Jalan Jati Selatan. Sikap dan langkah partai berlambang banteng moncong putih ini seakan membantah isu yang berkembang jika PDIP telah setuju mengusung Saiful Ilah dalam perebutan kursi W-1 periode 2015-2020.

”Proses penjaringan akan kita buka mulai 24 April-7 Mei mendatang. Langkah ini menegaskan jika kami bukan hanya ingin menjadi parpol pendukung, tetapi juga partai pengusung,” kata Tito kemarin. Dia menjelaskan, tekad PDIP untuk mengusung calon sendiri memang tidak mudah.

Dengan kekuatan delapan kursi di DPRD Sidoarjo, PDIP harus menggandeng partai lain untuk memenuhi syarat minimal pengajuan calon bupati dalam Pilkada 2015. ”Kami akan berusaha menjajaki koalisi dengan parpol lain. Yang pasti hubungan kami dalam koalisi itu setara sebagai sesama partai pengusung, bukan satu pengusung sementara yang lain partai pendukung,” tukasnya.

Saat ini PDIP Sidoarjo sudah menjalin komunikasi intensif dengan tiga partai. Tito optimistis akan terbangun koalisi dengan tiga partai yang namanya masih dirahasiakan itu. Tito mengaku realistis dengan kursi yang hanya delapan di DPRD, partai banteng moncong putih harus menjalin koalisi. ”Koalisi itu harus karena tidak ada partai dominan,” tandas mantan anggota DPRD Sidoarjo 1999-2009 itu.

Tito juga mengakui tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan PKB yang mengusung Saiful Ilah sebagai cabup. Namun, bila opsi koalisi untuk mengusung wakil bupati gagal diperjuangkan, PDIP bakal mengusung calon bupati sendiri. Dalam penjaringan ini, Tito berharap mendapatkan nama yang bisa diusung baik dari internal maupun eksternal partai. ”Nama-nama yang terjaring akan diserahkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP,” ujarnya.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Cabup-Cawabup PDIP Sidoarjo Bambang Riyoko mengatakan, proses penjaringan dan penyaringan dilaksanakan menyusul turunnya surat instruksidari DPPNo 03/IN/DPP/- IV/2015tertanggal17April2015 perihal Persiapan Tahapan-Tahapan Pilkada Serentak.

Sesuai surat tersebut, pendaftar diminta menyertakan datadata pendukung akurat. Di antaranya, biodata lengkap, pas foto berwarna, dan visi-misi sebagai calon kepala daerah. ”Data-data tersebut nantinya kami kirimkan ke DPD Jatim dan DPP untuk digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan menerbitkan rekomendasi,” kata Bambang.

Saat ini beberapa partai sudah menyelenggarakan penjaringan cabup-cawabup, seperti Gerindra dan Nasdem. Sedangkan, PKB sudah memutuskan untuk mengusung Saiful Ilah sebagai cabup dan hanya membuka pendaftaran cawabup.

Abdul rouf
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8548 seconds (0.1#10.140)