325 Siswi Smanike Jahit Bendera Merah Putih

Rabu, 22 April 2015 - 10:45 WIB
325 Siswi Smanike Jahit Bendera Merah Putih
325 Siswi Smanike Jahit Bendera Merah Putih
A A A
PASURUAN - Banyak cara untuk memperingati dan mengenang jasa pejuang emansipasi RA Kartini, seperti yang dilakukan siswi di SMAN 1 Kejayan (Smanike), Kabupaten Pasuruan, kemarin.

Sebanyak 325 siswi menjahit kain merah dan putih sepanjang 100 meter membentuk bendera merah putih. Para siswi ini membentangkan kain merah dan putih sepanjang 100 meter di halaman sekolah. Secara berkesinambungan mereka menjahit dengan jarum dan benang di kedua sisi kain tersebut menjadi bendera sang merah putih berukuran panjang 100 meter dan lebar 60 sentimeter. Wakil Kepala Smanike, Edi Santoso mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kreativitas siswa sekaligus upaya menanamkan nilainilai perjuangan para pahlawan.

“Kegiatan ini untuk menanamkan cinta tanah air kepada para siswa. Bahwa perempuan punya kesempatan sama, tantangan, dan peran yang sama, dalam pembangunan,” kata Edi Santoso yang juga guru kesenian. Menurut Edi Santoso, hikmah dalam memperingati jasa pejuang emansipasi perempuan ini agar siswi mampu meneruskan cita-cita RA Kartini dalam era modernisasi. Tentu dengan tetap menjunjung nilainilai budaya dan norma kesusilaan.

“Perjuangan dalam persamaan hak, tidak lantas meninggalkan nilai-nilai budaya dan norma kesusilaan dalam hidup bermasyarakat,” kata Edi Santoso. Salah seorang siswi, Sri Widji Lestari mengatakan, rasa bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang tidak biasa dilakukan di sekolah tersebut.

Menurutnya, memperingati dan mengenang jasa para pahlawan tidak hanya ditunjukkan sebagai kegiatan seremonial belaka. Tetapi, lebih khusus pada kesadaran dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur perjuangannya.

Arie yoenianto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1091 seconds (0.1#10.140)