Toyota Sidoarjo Bidik Pasar Pinggiran

Selasa, 14 April 2015 - 10:21 WIB
Toyota Sidoarjo Bidik Pasar Pinggiran
Toyota Sidoarjo Bidik Pasar Pinggiran
A A A
SIDOARJO - Asri Motor sebagai salah satu Authorized Dealer Toyota di Jawa Timur (Jatim) memperlebar bidikan pasar Fortuner.

Setelah menjelajah pasar di Kota Sidoarjo, kali ini Asri mulai mengalihkan bidikan di pinggir kota. Perubahan target bidikan ini diharapkan mampu merebut market Fortuner sebesar 29%. Dengan melihat pasar itu, Asri yakin pada 2015 bisa menjual Fortuner sebanyak 22 unit khusus Sidoarjo.

Penjualan tersebut mengalami peningkatan dibandingkan jumlah penjualan pada 2014 sebanyak 19 unit. “Tahun ini (2015) harus ada kenaikan penjualan di Sidoarjo. Kami mulai mengarahkan penjualan ke daerah,” kata Branch Manager Asri Motor Sidoarjo Nendra Sulaksana kemarin. Nendra mengaku optimistis target penjualan Fortuner sebanyak 22 unit bisa terpenuhi.

Hal ini terlihat dengan kondisi pasar di Sidoarjo yang mengalami peningkatan dan masyarakat mulai mengetahui kualitas mobil. Mereka akan memilih merek-merek yang memiliki kualitas tinggi dibandingkan mobil murah. Secara keseluruhan, ujar Nendra, Asri Motor telah menjual mobil sebanyak 1.900 unit di Sidoarjo.

Jumlah tersebut menyumbangkan penjualan sekitar 12% untuk Jatim, dengan penjualan mencapai 17.200 unit. Dengan begitu, pabrikan asal Jepang ini mendominasi market share sebesar 32,5% dari jumlah pendudukan Sidoarjo sebanyak 2 juta orang. “Meski menguasai market , kami tetap serius menggarap pasar Sidoarjo. Buktinya, kami juga buka saat hari minggu,” ungkap dia.

Bahkan, Asri Motor mengadakan Jatim Fortuner Club (JFC) untuk lebih mendekatkan diri dengan dealer . Dengan begitu, konsumen merasa diorangkan dan mereka tidak akan lari untuk mencari dealer atau merek motor lain. “JFC juga sebagai bentuk mengenalkan pariwisata Kota Sidoarjo, selain upaya menambah pelanggan,” kata Direktur Asri Motor Group Segaryanto Tejo.

Sementara itu, untuk kondisi pasar secara nasional menjadi nomor satu. Kondisi ini juga terlihat pada produk baru, yakni Toyota Rush, yang rata-rata sekitar 50% per tahun di kelas SUV. Toyota sudah memiliki pasar tersendiri dibandingkan merek lain.

Penjualannya sejak di-launching pada 2006 dan terus mengalami peningkatan. Mulai 3.000 unit pada tahun pertama hingga hampir 29.609 unit pada 2014. Sebab, New Toyota Rush yang diluncurkan kemarin merupakan mobil dengan segmen eksekutif di usia 30-45 tahun.

Diperuntukkan bagi pemilik mobil yang memiliki mobilitas urban dengan memilih Rush sebagai mobil kedua. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai Rp235,4 juta-Rp263,1 juta.

Arief ardliyanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6545 seconds (0.1#10.140)