Bupati Karo Tinjau Lokasi Terdampak Lahar Dingin Sinabung

Minggu, 12 April 2015 - 22:44 WIB
Bupati Karo Tinjau Lokasi Terdampak Lahar Dingin Sinabung
Bupati Karo Tinjau Lokasi Terdampak Lahar Dingin Sinabung
A A A
KABANJAHE - Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau lokasi yang terkena dampak lahar dingin di Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, Minggu (12/4/2015).

Dalam kesempatan itu, Bupati Karo mengatakan bakal langsung melakukan pembersihan di Desa Perbaji. Sementara, untuk jembatan akses penghubung ke Desa Mardingding yang ambruk diterjang banjir lahar dingin, pihaknya akan segera membangun jembatan alternatif.

"Tadi mobil pemadam sudah membersihkan sebagian rumah warga di Desa Perbaji, besok akan dilanjutkan setelah warga dan pemerintah melakukan pertemuan untuk melaksanakan gotong royong bersama. Untuk bekal warga, seperti beras besok juga akan disalurkan. Sementara untuk Desa Mardingding besok dibuat jembatan altenatifnya," paparnya.

Terkelin juga mengimbau kepada warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, pada kondisi bencana seperti sekarang ini. Ia juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam mengurangi risiko bencana yang dapat ditimbulkan.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (12/4/2015) sejak pukul 14.38 WIB hingga pukul 16.57 WIB memicu terjangan aliran lahar dingin (lahar hujan, red) ke sejumlah desa di kawasan lingkar puncak gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Utara itu. (Baca: Lahar Dingin Sinabung Terjang Puluhan Rumah Warga).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7940 seconds (0.1#10.140)