Lahar Dingin Sinabung Terjang Puluhan Rumah Warga

Minggu, 12 April 2015 - 21:38 WIB
Lahar Dingin Sinabung Terjang Puluhan Rumah Warga
Lahar Dingin Sinabung Terjang Puluhan Rumah Warga
A A A
KABANJAHE - Hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (12/4/2015) sejak pukul 14.38 WIB hingga pukul 16.57 WIB memicu terjangan aliran lahar dingin (lahar hujan, red) ke sejumlah desa di kawasan lingkar puncak gunung tertinggi di Provinsi Sumut itu.

Adapun desa-desa di Kecamatan Tiganderket, yang terdampak aliran lahar dingin salah satunya Desa Mardingding. Akses jembatan menuju desa ambruk karena tak kuat menahan aliran lahar. Akibatnya, kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas menuju maupun keluar dari desa yang tepat berada pada kaki gunung tersebut.

"Tadi hujannya sangat lebat. Ada tiga titik aliran lahar dingin di desa ini, yang paling atas berada pada daerah perladangan yang selama ini terus dialiri laharan sehingga merusak puluhan hektare (ha) lahan pertanian," kata Sekretaris Desa Mardingding, Minarti br Sembiring, Minggu (12/4/2015).

Sementara itu, di Desa Perbaji, aliran lahar dingin dengan ketinggian 1 meter masuk ke puluhan rumah warga. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Namun, perabot rumah tangga warga menjadi kotor dan meninggalkan lumpur.

"Sekitar pukul 16.00 WIB aliran laharan sudah memasuki desa. Setengah jam kemudian alirannya semakin tinggi hingga masuk ke balai desa dan rumah-rumah warga. Bronjong yang terdapat pada jalan menuju desa juga ambruk karena tingginya intensitas lahar dingin," ujar warga Desa Perbaji, Salmon Sitepu.

Pengamatan di lapangan, selain Desa Mardingding dan Perbaji, Desa Sukatendel yang juga berada di Kecamatan Tiganderket juga ikut terdampak aliran lahar dingin. Akses jalan terlihat dipenuhi bebatuan dan lumpur sisa aliran lahar dingin. Ratusan hektare (ha) lahan pertanian warga juga dipastikan rusak dan terancam gagal panen.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2056 seconds (0.1#10.140)