30.000 Benih Ikan Ditabur di Selat Madura

Jum'at, 03 April 2015 - 01:02 WIB
30.000 Benih Ikan Ditabur di Selat Madura
30.000 Benih Ikan Ditabur di Selat Madura
A A A
PASURUAN - Jajaran Polres Pasuruan menebarkan 30.000 benih ikan di perairan Selat Madura.

Tebar benih sebagai upaya untuk menunjang program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan dan meningkatkan populasi ikan di laut.

Kapolres Pasuruan AKBP Ricky Purnama mengatakan, tabur benih ikan dilakukan karena semakin menurunnya potensi sumber daya laut. Indikator penurunan potensi ikan ini diketahui dari semakin menurunnya hasil rata-rata tangkapan para nelayan.

"Hal ini, di antaranya disebabkan penggunaan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan," kata Kapolres Ricky Purnama.

Menurut Kapolres Ricky, tabur benih ikan atau yang dikenal dengan restocking ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pasuruan dan masyarakat nelayan.

Benih ikan yang di antaranya terdiri dari ikan nila, bandeng, kerapu dan kakap ini diharapkan dapat dimanfaatkan nelayan dalam beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pasuruan, Slamet Nurhandoyo mengatakan, restocking sebagai upaya mengembalikan potensi hasil tangkapan nekayan dan ekosistem lingkungan.

Pola penangkapan ikan yang menggunakan alat tangkap mini trawl, bondet (bom ikan) dan jaring payang telah merusak ekosistem lingkungan laut.

Berdasarkan data hasil tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan selama tahun 2014 tercatat sebesar 7.800 ton. Jumlah ini terjadi peningkatan yang tipis dibanding tahun 3013.

Dengan jumlah nelayan yang mencapai 7.500 rumah tangga perikanan, hasil tangkapan ini menunjukkan makin menipisnya potensi sumber daya laut.

"Over fishing ini menjadikan makin berkurangnya hasil tangkapan nelayan. Restocking ini menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan ekosistem laut," kata Slamet Nurhandoyo.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6170 seconds (0.1#10.140)