Peringatan Nyepi di Padang Tanpa Pembakaran Ogoh-ogoh

Sabtu, 21 Maret 2015 - 01:41 WIB
Peringatan Nyepi di Padang Tanpa Pembakaran Ogoh-ogoh
Peringatan Nyepi di Padang Tanpa Pembakaran Ogoh-ogoh
A A A
PADANG - Jelang perayaan Nyepi, puluhan umat Hindu di Kota Padang, melaksanakan upacara mancaru atau kurban. Namun, dalam kegiatan itu tidak ada upacara pembakaran ogoh-ogoh, walaupun dalam jumlah sedikit.

Peringatan Nyepi di Kota Padang, dipusatkan di Pura Jagatnahta, di Komplek Lapangan Udara, Tabing, Kota Padang. Pura ini merupakan satu-satunya tempat sembahyang umat Hindu, di Sumatera Barat.

Hari ini, merupakan puncak digelarnya upacara macaru yang merupakan salah satu rangkaian tradisi menjelang perayaan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu.

Upacara macaru atau kurban ini, dimaknai dengan memberikan upah atau seserahan kepada buta kala agar tidak mengganggu pada perayaan Nyepi besok.

Namun, dalam upacara mancaru ini tidak digelar pembakaran ogoh-ogoh dan diganti dengan melaksanakan pembakaran mancaru secara simbolis yang kemudian di buang ke sungai.

Untuk tahun ini, umat Hindu di Kota Padang, sebagian besar merayakan Hari Raya Nyepi di Luar Kota, yakni di daerah Bali, karena memasuki libur panjang.

Namun, walaupun dalam jumlah sedikit, kegiatan jelang Hari Raya Nyepi yang digelar di Pura Jagatnatha, Kota Padang ini berlangsung secara hikmat dan kusuk.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8084 seconds (0.1#10.140)
pixels