Perbaiki Jembatan, Pemkab Garut Anggarkan Rp5 Miliar

Rabu, 18 Maret 2015 - 22:04 WIB
Perbaiki Jembatan, Pemkab Garut Anggarkan Rp5 Miliar
Perbaiki Jembatan, Pemkab Garut Anggarkan Rp5 Miliar
A A A
GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut menganggarkan Rp5 miliar untuk memperbaiki jembatan rusak di wilayat tersebut.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Garut, jumlah jembatan tercatat kurang lebih sebanyak 250 unit. Dari jumlah tersebut, 40-50 persen jembatan rusak atau tidak layak.

"Jumlahnya cukup mengkhawatirkan, mencapai sekira 40-50 persen rusak. Karena keterbatasan anggaran, kami tidak bisa memperbaiki semuanya," kata Kepala Bidang Prasarana Permukiman Distarkim Garut Ahmad Mulyana, Rabu (18/3/2015).

Pada 2014, tambah Ahmad, pemerintah hanya mampu memperbaiki jembatan sebanyak 11 unit, dengan total anggaran mencapai Rp1 miliar. Sementara, di 2015 ini, pemerintah akan memperbaiki 21 unit jembatan di berbagai lokasi dengan total dana sebesar Rp5 miliar.

"Ada peningkatan jumlah anggaran dari APBD Garut untuk perbaikan infrastruktur jembatan di 2015 ini. Bertambahnya dana yang digunakan, otomatis akan bertambah juga jembatan yang akan diperbaiki," ujarnya.

Menurut dia, proses perbaikan jembatan akan dilakukan pada Mei atau pertengahan tahun. Ahmad menjelaskan, rata-rata kerusakan pada jembatan disebabkan oleh faktor usia dan dampak dari bencana alam, seperti longsor atau terjangan banjir bandang.

Salah satu jembatan yang rusak di wilayah Garut adalah Jembatan Bokor, Desa Tanjungmulya, Kecamatan Pakenjeng. Jembatan gantung itu rusak berat setelah diterjang banjir bandang pada April 2014.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1080 seconds (0.1#10.140)