Atraksi Delapan Pesawat Aerobatik Pukau Warga

Jum'at, 13 Maret 2015 - 09:55 WIB
Atraksi Delapan Pesawat Aerobatik Pukau Warga
Atraksi Delapan Pesawat Aerobatik Pukau Warga
A A A
MEDAN - Untuk pertama kalinya, pecinta dirgantara di Kota Medan disuguhkan tontonan fantastis dari alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Udara (AU) pada acara Grand Launching Medan Air Show (MAS) 2015, di Avron, Lanud Soewondo, Medan Polonia, kemarin.

Acara yang menampilkan atraksi delapan pesawat aerobatik dari The Jupiter Team TNI AU itu mampu membuat masyarakat Kota Medan terpukau. Komandan Lanud (Danlanud) Soewondo, Kolonel Pnb Chandra Siahaan, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Lanud Soewondo akan menggelar pesta dirgantara pada 7-10 Mei 2015.

“Dalam event ini, masyarakat bisa mendapatkan tontonan di areal pameran dan udara dalam bentuk atraksi aerobatik pesawat, serta manuver atraksi yang menakjubkan. Di sini kita akan memperkenalkan alutsista milik TNI,” ujar Danlanud Soewondo. Untuk menyukseskan pesta dirgantara itu, Lanud Soewondo menggandeng Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan PT Arfa Kreasi Expotama sebagai event organizer.

Dalam event itu akan ada dua kegiatan, yakni static show dan dynamic show . Static show meliputi pameran alutsista untuk darat, laut, dan udara. Sementara dynamic show khusus untuk memamerkan pesawat-pesawat tempur milik TNI-AU. “Masyarakat akan diberi tahu soal alat-alat tempur milik TNI AU. Bahkan, masyarakat bisa melihat dengan dekat hingga bisa foto-foto, menaiki, dan menyentuh alat-alat tempur kita. Jadi, kita akan memberikan pendidikan tentang alutsista kepada masyarakat,” ucapnya.

Lanud Soewondo juga akan menghadirkan tim aerobatik Asia, yakni dari Australia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong. “Ini untuk pertama kalinya di Kota Medan. Saya yakin masyarakat akan antusias menyaksikannya. Dimana, selama ini hanya bisa menyaksikan alat-alat tempur dengan jarak jauh, kini akan bisa menyentuhnya langsung,” kata Chandra.

Wakil Sekjen Fasi, Chepy Nasution, menambahkan, warga Kota Medan harus memanfaatkan momentum MAS 2015 ini untuk lebih mengetahui seputar alat-alat tempur milik TNI. “Saya berharap masyarakat bisa datang dan bertanya langsung kepada petugas soal alat-alat tempur itu nanti. Dengan begitu, masyarakat tidak awam lagi soal senjata tempur milik TNI,” ucapnya.

Sementara Direktur Utama PT Arfa Kreasi Expotama, Susi Nurliah, tertarik bergabung dalam MAS 2015 ini karena melihat letak Kota Medan yang sangat strategis. Dimana, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini mudah dikunjungi turis dari dalam maupun luar negeri. “Tentu kami berharap agar kegiatan kedirgantaraan ini bisa digabungkan dengan pameran pariwisata, pembangunan, dan potensi daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, berharap kegiatan kedirgantaraan seperti ini bisa berjalan dan berkelanjutan. Dia meminta acara seperti bisa dilakukan dengan rutin minimal satu kali dalam setahun. “Sebab, acara ini akan membawa dampak positif kepada masyarakat Kota Medan. Begitu pula dengan pelajar maupun mahasiswa bisa datang langsung ke sini untuk belajar soal kedirgantaraan,” tandasnya.

Panggabean hasibuan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)