Polres Ambil Sidik Jari Siswa SMA/SMK

Kamis, 19 Februari 2015 - 10:28 WIB
Polres Ambil Sidik Jari Siswa SMA/SMK
Polres Ambil Sidik Jari Siswa SMA/SMK
A A A
KULONPROGO - Sebanyak 156 siswa SMA Negeri Pengasih diambil sidik jarinya oleh tim Inafis Polres Kulonprogo. Ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Polres Kulonprogo untuk mempermudah pengurusan Surat Keterangan Catatan Ke polisian (SKCK) menghadapi lulusan sekolah.

“Program ini untuk membantu siswa dalam mengurus SKCK ataupun SIM,” kata Wakil Kepala Sekolah Kuri kulum SMA Pengasih Agus Sumboro, kemarin. Proses pengurusan ini sangat mudah. Seluruh siswa disediakan blangko untuk mengisi identitas masing-masing. Selanjutnya satu per satu sidik jari siswa dipindai dalam kertas yang disediakan oleh tim.

Nantinya dari setiap sidik jari ini, akan dilihat rumusnya. “Kalau di Polres harus antre, di sini lebih cepat dan anak-anak menyambut senang,” ujarnya. Salah seorang siswa Shinta Dewi Putri mengaku senang dengan adanya program sidik jari. Siswa tidak perlu ke polres dan sudah bisa mendapatkan rumusan sidik jari.

Apalagi sidik jari ini penting untuk mengurus SKCK, SIM, dan keperluan lain selepas lulus sekolah. “Ini nanti bisa untuk persiapan lulus mencari kerja atau kuliah,” ujar Shinta. Program sidik jari bagi siswa ini akan dilaksanakan di seluruh SMA/SMK sederajat di Kulonprogo. Setidaknya ada 57 sekolah yang setiap hari akan didatangi secara mobile.

Hingga kemarin, setidaknya sudah ada 18 sekolah yang siswanya diambil sidik jarinya. Kaur Identifikasi Polres Kulonprogo Aiptu Jemino mengatakan, program ini tidak mengganggu pelayanan di kantor. Petugas yang menangani dibagi agar pelayanan tetap lancar. “Pelayanan di kantor tetap jalan, tidak ada masalah. Petugas kami bagi,” tandasnya.

Kuntadi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6265 seconds (0.1#10.140)