Persembahkan Puisi untuk Tokoh Negeri

Sabtu, 14 Februari 2015 - 11:26 WIB
Persembahkan Puisi untuk Tokoh Negeri
Persembahkan Puisi untuk Tokoh Negeri
A A A
SURABAYA - Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Jawa Timur (Jatim) diawali dengan ziarah ke makam tokoh pers di Surabaya, kemarin. Diiringi hujan deras, ziarah yang rutin masuk agenda peringatan HPN tetap berlangsung khidmat. Makam tokoh pers yang diziarahi adalah makam Dr Soetomo di Jalan Bubutan, makam WR Soepratman di Rangkah, dan makam Bung Tomo di kompleks pemakaman Ngagel Surabaya.

“Ini merupakan kegiatan rutin setiap memperingati Hari Pers Nasional. Kami meneladani para tokoh nasional tersebut. Mereka orang-orang besar yang telah berbuat banyak untuk negaranya. Kalau kaitannya dengan pers adalah para tokoh itu memang memiliki latar belakang pers. Semuanya adalah wartawan,” kata Ketua PWI Jatim H Ahmad Munir dalam rilis yang diterima Koran Sindo Jatim .

Pertama kali yang diziarahi adalah makam Dr Soetomo. Di tengah guyuran hujan itu, rombongan pengurus PWI Jatim yang dipimpin Ahmad Munir langsung meluncur ke lokasi. Di sana digelar doa bersama. Kemudian ziarah dilanjutkan ke makam WR Soepratman. Di makam pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya ini suasananya agak berbeda.

Salah seorang pengurus PWI Jatim, Djoko Tetuko membacakan sebuah puisi yang baru ditulisnya. “Hari ini kami sekadar datang membawa bunga sekeranjang, tanpa mampu berkata apa-apa. Juga tanpa mampu berteriak ‘Merdeka’ di antara hingar-bingar kemajuan zaman. Kami wartawan masih ada, masih mampu satu dua kata walau hanya sekadar memoles luka,” demikian puisi Djoko Tetuko berjudul Hanya Sekadar Membayar Doa.

Di makam Bung Tomo, rombongan pengurus PWI Jatim juga memanjatkan doa yang sama. “Kami semua harus mencontoh Bung Tomo yang mampu menggerakkan warga Surabaya dalam berjuang. Ini sangat relevan dengan profesi kita sebagai wartawan yang menjadi pilar keempat dalam berdemokrasi di Indonesia,” kata Ahmad Munir.

Selain ziarah, kegiatan yang akan dilakukan PWI Jatim dalam HPN adalah pengobatan gratis selama 3 hari di Lamongan pada 3, 4, dan 5 Maret 2015. Selain itu, ada donor darah di Kantor PWI Jatim pada 7 Maret 2015, Seminar Migas pada 10 Maret 2015, dan Lomba Karaoke pada 14 Maret 2015.

Masdarul KH
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7382 seconds (0.1#10.140)