AMP Tolak Eksploitasi Alam Papua

Selasa, 03 Februari 2015 - 14:02 WIB
AMP Tolak Eksploitasi Alam Papua
AMP Tolak Eksploitasi Alam Papua
A A A
MALANG - Belasan mahasiswa asal Papua mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) melakukan demonstrasi di Bundaran Tugu Kota Malang.

Aksi ini untuk menyuarakan tuntutan mereka atas nasib rakyat Papua yang tetap dibelenggu kemiskinan dan penderitaan. Mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan dari berbagai perguruan tinggi di Kota Malang itu, meminta pemerintah Indonesia segera memberikan kesempatan kepada rakyat Papua untuk menentukan nasibnya sendiri.

Juru bicara aksi AMP, Yustus Yekusamon menyatakan, sudah puluhan tahun rakyat Papua menderita. Bahkan, kekayaan alamnya disedot habis oleh perusahaan-perusahaan multinasional. “Rakyat Papua, juga terus menderita karena ada aksi kekerasan dari oknum aparat pemerintah Indonesia,” katanya.

Dia menyatakan, melalui aksi ini para mahasiswa yang merupakan perwakilan rakyat Papua di Kota Malang menuntut ada penghentian aksi kekerasan oleh oknum aparat negara. Mereka juga meminta segala bentuk eksploitasi sumber daya alam oleh perusahaan multinasional, termasuk di antaranya Freeport, segera dihentikan.

“Keberadaan perusahaan itu, sangat menyengsarakan rakyat. Rakyat Papua tetap saja miskin dan kekayaan alamnya dibawa lari ke luar negeri,” katanya.

Yuswantoro
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7690 seconds (0.1#10.140)