Booming Batu Akik di Medan

Minggu, 01 Februari 2015 - 11:16 WIB
Booming Batu Akik di Medan
Booming Batu Akik di Medan
A A A
Batu akik belakangan ini sedang booming di kalangan kaum laki-laki di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara (Sumut) yang sudah terjadi sejak 2014 lalu.

Seiring dengan itu, pengguna cincin akik semakin mudah ditemukan. Tak jarang ada yang memakai lebih dari satu di jari-jarinya. Demam batu akik terasa di berbagai tempat, seperti di warung, di tempat kerja, dan di mal. Setiap hari, perbincangan sepertinya tidak lengkap tanpa membahas tentang batu akik.

Media sosial seperti facebook pun jadi ajang kaum pria pamer koleksi batunya. Kini, hampir di setiap pinggiran jalan raya hingga mal di Kota Medan bisa ditemukan aktivitas jual beli batu akik. Jenisnya sangat beragam, mulai dari batu bio solar, zamrud, badar besi, kecubung dan masih banyak lagi. Batu-batu ini dikikir menjadi perhiasan yang indah, terutama cincin.

Sejumlah orang mempercayai batu alam ini bisa diisi dengan mantera pelaris atau anti kejahatan hingga batu untuk kesehatan. Harga yang ditawarkan juga beragam, tidak ada harga pasaran untuk sebuah batu.

Misalkan batu Nyi Roro Kidul yang dibawa pada pameran batu perhiasan di salah satu mal di Kota Medan, baru-baru ini. Bahkan, pemilik batu mengaku ada pembeli yang menghargainya Rp5 miliar.

Foto: Koran Sindo Medan/Kadri Boy Tarigan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)