Makanan Organik Jadi Peluang Bisnis

Rabu, 28 Januari 2015 - 12:04 WIB
Makanan Organik Jadi Peluang Bisnis
Makanan Organik Jadi Peluang Bisnis
A A A
SURABAYA - Makanan organik kini semakin diminati. Bahkan, makanan tersebut bisa menjadi peluang bisnis bagi Gladys Claudia.

Warga Surabaya ini menjalankan bisnis online dari makanan organik tersebut dengan konsep healthy food . Hampir semua makanan yang dia sajikan tidak memakai vetsin, dan menggunakan bahan organik. Supaya bumbunya tetap enak dengan menambahkan perasa dari jamur organik yang bentuknya butiran.

Cara mengolahnya pun berbeda. Lebih banyak direbus. Jika harus digoreng, sama sekali tidak menggunakan minyak dari kelapa sawit seperti kebanyakan melainkan menggunakan olive oil (minyak zaitun) atau corn oil (minyak jagung). Semua sayuran yang dipakai merupakan sayuran organik yang dibeli langsung dari supplier .

Untuk nasinya sengaja menggunakan beras merah karena kadar gulanya tidak terlalu tinggi. ”Selain sayuran organik, untuk penggunaan telur pun kami juga menggunakan telur organik yakni telur dari ayam yang setiap hari diberi makanan sayuran organik. Harga telur ini juga jauh lebih mahal,” kata Gladys, kemarin.

Setiap hari menu yang ditawarkan Gladys berbeda. Yang jelas selalu ada komposisi antara karbohidrat, protein, dan serat. Dia mencontohkan menu dalam satu hari misalnya. Untuk makan siang bisa berupa nasi dari beras merah, tamagoyaki yakni telur bercampur wortel, brokoli dan jamur. Kemudian untuk makan malam cukup dengan roti gandum, ayam yang di-grill dan jagung rebus.

Selain itu juga ada tambahan jus yang harus diminum satu jam setelah makan. Dia menambahkan, cara memasak ayam sebaiknya memang digrill supaya tidak banyak menggunakan minyak. Gladys menjelaskan, semua menu dalam sepekan biasanya sudah dia siapkan sepekan sebelumnya juga. Barulah kemudian dia menawarkan ke konsumennya.

Tetapi cara memesannya memang tidak bisa per hari melainkan per pekan. Bisnis yang terinspirasi ketika sedang sakit karena mengikuti program diet minuman teh tersebut ternyata kini membawa banyak manfaat.

”Awalnya membuka bisnis ini karena saya sempat sakit dan dirawat di rumah sakit karena ikut program diet dari aneka minuman teh. Ternyata kurang aman akhirnya saya mengubah pola makan dengan hidup sehat dengan membuat makanan sendiri dari bahan organik. Barulah setelah itu terpikirkan untuk sekaligus menjadikannya lahan bisnis,” ucap perempuan kelahiran 1989 tersebut.

Manfaat yang bisa didapat dengan rutin makan makanan sehat ini, yakni tubuh akan tetap terjaga kesehatannya. Apalagi bagi mereka yang ingin diet atau menguruskan badan, bisa mencoba kuliner yang ditawarkan Gladys ini dengan nama Good Foodie.

Selain bahan utamanya yang organik, saat menyusun menu pun Gladys selalu memperhatikan komposisinya supaya saat dimakan pun tetap terasa kenyang namun kebutuhan zat juga bisa terpenuhi sehingga tidak sampai sakit ketika melakukan diet.

Mamik Wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3784 seconds (0.1#10.140)